Presiden Duterte Akhirnya Pulihkan Kehadiran Pasukan AS di Filipina

Anton Suhartono ยท Jumat, 30 Juli 2021 - 11:18:00 WIB
Presiden Duterte Akhirnya Pulihkan Kehadiran Pasukan AS di Filipina
Rodrigo Duterte (Foto: Reuters)

MANILA, iNews.id - Presiden Rodrigo Duterte memulihkan kembali kerja sama keamanan yang memungkinan kehadiran kembali pasukan Amerika Serikat (AS). Nasib kesepakatan bernama The Visiting Forces Agreement (VFA) itu sempat simpang siur setelah Duterte beberapa kali mengancam akan menghentikannya.

Dalam beberapa kesempatan Duterte bersumpah menyudahi kesepakatan tersebut setelah AS menolak memberikan visa bagi seorang senator Filipina yang merupakan sekutu dekatnya.

VFA memungkinkan AS untuk merotasi ribuan pasukan masuk dan keluar dari Filipina untuk kepentingan latihan perang dan lainnya. AS memandang posisinya di Filipina sangat penting terkait ketegangan dengan China.

Namun keputusan Duterte tersebut tak akan banyak berpengaruh di lapangan karena kesepakatan VFA sebenarnya masih berlaku sampai akhir tahun.

Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzna tidak tahu persis mengapa Duterte berubah pendirian soal VFA. Namun keputusan itu dibuat setelah bertemu Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada Kamis.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2