Presiden Korsel Minta Joe Biden Lanjutkan Pembicaraan Damai dengan Kim Jong Un

Anton Suhartono ยท Senin, 18 Januari 2021 - 13:05:00 WIB
Presiden Korsel Minta Joe Biden Lanjutkan Pembicaraan Damai dengan Kim Jong Un
Moon Jae In (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In meminta presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden melanjutkan pembicaraan dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, sebagaimana dilakukan Donald Trump.

Moon akan mencari kesempatan untuk berusaha agar memperbaiki hubungan dengan Korut menjadi prioritas kebijakan luar negeri AS di bawah Biden. 

Dengan begitu, Biden akan menindaklanjuti kesepakatan yang telah dicapai Trump dan Kim usai pertemuan pertama mereka di Singapura pada Juni 2018.

Saat itu kedua pemimpin sepakat membangun hubungan baru dan mengupayakan denuklirisasi sepenuhnya di Semenanjung Korea. Namun hasil pembicaraan tersebut kini jalan di tempat meskipun Trump dan Kim melakukan dua kali pertemuan setelah itu.

"Pelantikan pemerintahan Biden akan memberikan titik balik untuk memulai dialog AS-Korea Utara yang baru, dialog Korea Selatan-Korea Utara, untuk mewarisi pencapaian yang telah dibuat di bawah pemerintahan Trump," kata Moon, dikutip dari Reuters, Senin (18/1/2021).

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2