Presiden Rusia Vladimir Putin Beri Sinyal Langgengkan Kekuasaan hingga 2036

Anton Suhartono ยท Senin, 22 Juni 2020 - 11:27 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin Beri Sinyal Langgengkan Kekuasaan hingga 2036

Vladimir Putin (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin masih ingin menjabat untuk periode selanjutnya. Selangkah lagi undang-undang di Rusia membuka peluang baginya meskipun sudah menjabat presiden empat kali.

Putin tidak menepis kemungkinan untuk kembali memangku jabatan paling bergengsi tersebut.

"Saya belum memutuskan apa pun untuk diri sendiri. Saya tidak mengecualikan kemungkinan ini. Jika UU memungkinkan kesempatan tersebut, kita akan lihat nanti," ujar Putin, dikutip dari Xinhua, Senin (22/6/2020).

Dia melanjutkan, saat ini fokusnya adalah bekerja memimpin Rusia, tidak memikirkan bagaimana selanjutnya.

"Yang diperlukan adalah bekerja, bukan mencari penerus," katanya.

Rusia akan menggelar referendum amendemen konstitusi pada 1 Juli, jika disahkan memungkinkan Putin berpartisipasi dalam pemilihan presiden pada 2024 mendatang.

Anggota majelis rendah Duma menyetujui amandemen konstitusi pada Maret lalu. Dalam pidatonya saat itu, Putin mengatakan peluangnya masih terbuka lebar setelah masa jabatan periode ini berakhir.

"Ini menjadi mungkin, jika Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa amandemen seperti itu tidak bertentangan (dengan konstitusi)," katanya, ketika itu.

Jika disetujui, maka pria yang pertama kali terpilih sebagai presiden pada 2000 itu berpeluang melanggengkan kekuasaan hingga 2036.

"Amandemen ini sudah lama tertunda dan dibutuhkan. Saya yakin akan bermanfaat bagi masyarakat, bagi warga kita," ujarnya.

Editor : Anton Suhartono