Presiden Venezuela Maduro Tegaskan Tak Takut Berperang dengan AS

Anton Suhartono ยท Selasa, 18 Februari 2020 - 11:51 WIB
Presiden Venezuela Maduro Tegaskan Tak Takut Berperang dengan AS

Nicolas Maduro (Foto: AFP)

KARAKAS, iNews.id - Presiden Venezuela Nicolas Maduro menegaskan negaranya tidak takut dengan pertempuran di tengah ancaman dari Amerika Serikat dan sekutunya.

Dia menuduh Presiden AS Donald Trump berencana menyerang Venezuela dengan dukungan negara-negara sekutu di kawasan, seperti Kolombia, Brasil, dan lainnya.

"Kami tidak menginginkan perang, kami tidak ingin kekerasan, kami tidak ingin terorisme, tapi kami tidak takut dengan pertempuran militer dan kami akan terus menjamin kedamaian," kata Maduro dalam pidato yang disiarkan stasiun televisi nasional, dikutip dari AFP, Selasa (18/2/2020).

"Donald Trump merasa yakin bahwa masuk Venezuela itu mudah," kata dia, seraya melemparkan tuduhan lagi kepada AS bahwa negara itu tengah menyiapkan tentara bayaran untuk menyerang.

Selain AS, Maduro juga mewaspadai negara tetangganya, Kolombia. Dia menyebut kelompok militer disertir yang berlatih di Kolombia akan menyusup diam-diam dan menyerang. Informasi yang diterimanya, latihan militer tersebut dilakukan selama akhir pekan.

Untuk mengantisipasi masuknya para penyusup, sekitar 2,4 juta tentara dan milisi sipil dikerahkan di seluruh Venezuela.

"Ada ancaman nyata, bukan sekadar bayangan," kata Menteri Pertahanan Venezuela, Vladimir Padrino.

Sebelumnya dalam pidato kenegaraan di hadapan Kongres pada awal Februari, Trump bersumpah akan menghancurkan pemerintahan Maduro serta mengakui tokoh oposisi Juan Guaido sebagai pemimpin yang sah.

AS merupakan satu dari 50 negara lebih yang telah mengakui Guaido sebagai presiden sementara Venezuela.

Meski demikian, di dalam negeri posisi Maduro masih sangat kuat dengan dukungan dari militer. Di luar negeri, Maduro juga mendapat dukungan penuh dari Rusia, China, dan Kuba, dan Turki.


Editor : Anton Suhartono