Profil Kamala Harris, Wakil Presiden Perempuan AS Pertama

Anton Suhartono ยท Minggu, 08 November 2020 - 03:33:00 WIB
Profil Kamala Harris, Wakil Presiden Perempuan AS Pertama
Kamala Harris (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Kamala Harris terpilih sebagai wakil presiden berpasangan dengan Joe Biden dalam pilpres Amerika Serikat 2020.

Pengumuman kemenangan pasangan Partai Demokrat itu dipastikan setelah hasil penghitungan suara di Pennsylvania mengunggulkan mereka atas pasangan Donald Trump dan Mike Pence.

Biden menunjuk Harris, perempuan kulit hitam yang juga senator asal California, untuk menjadi pendampingnya dalam pilpres AS 2020 pada Agustus lalu.

Dia sebenarnya pesaing Biden dalam konvensi pemilihan presiden dari Partai Demokrat, namun mundur di tengah jalan, salah satunya karena alasan dana.

Perempuan 56 tahun itu menyingkirkan tujuh kandidat kuat pendamping Biden yang semuanya juga perempuan, di antaranya Susan Rice, Elizabeth Warren, dan Karen Bass.

Infografis sejarah baru tercipta usai Joe Biden-Kamala Harris memenangkan Pilpres AS 2020. (foto: iNews)
Infografis sejarah baru tercipta usai Joe Biden-Kamala Harris memenangkan Pilpres AS 2020. (Foto: iNews)

Pemilihan Harris sangat mengejutkan, bukan hanya karena menjadi perempuan kulit hitam pertama yang menduduki posisi wakil presiden, namun pernah melawan Biden dalam konvensi.

Orangtua Harris merupakan imigran, ayahnya sempat menetap di Jamaika dan ibunya dari India. Dia juga merupakan perempuan kulit hitam pertama yang menjadi jaksa agung California serta perempuan kulit hitam kedua yang terpilih menjadi anggota Senat AS.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda