Putrinya Bunuh Diri karena Depresi, Ibu Ini Gugat Instagram dan Snapchat

Anton Suhartono ยท Minggu, 23 Januari 2022 - 14:49:00 WIB
Putrinya Bunuh Diri karena Depresi, Ibu Ini Gugat Instagram dan Snapchat
Seorang ibu di AS menggugat Instagram dan Snapchat terkait kasus bunuh diri putrinya (Foto: Reuters)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Bocah perempuan 11 tahun dari Connecticut, Amerika Serikat, bunuh diri. Keluarga menyalahkan platform media sosial Instagram dan Snapchat sebagai pemicu anak bernama Selena itu mengakhiri hidup sehingga mengajukan gugatan.

Ibu mendiang, Tammy Rodriguez, mengatakan putrinya kecanduan Instagram dan Snapchat sehingga mengalami depresi, gangguan makan, dan kurang tidur, sebelum bunuh diri. Tammy mengajukan gugatan terhadap dua induk perusahaan, masing-masing Meta dan Snap, ke pengadilan federal San Francisco pada Kamis lalu.

Dalam materi gugatan disebutkan, produk kedua perusahaan itu lemah dari pengawasan orangtua. Selain itu kedua platform berusaha mengeksploitasi kerentanan pengguna. Dampaknya, Selena harus berjuang selama lebih dari 2 tahun mengatasi kecanduan yang ekstrem sebelum bunuh diri pada Juli 2021.

Seorang ibu di AS menggugat Instagram dan Snapchat terkait kasus bunuh diri putrinya (Foto: Reuters)

Platform media sosial itu memiliki persyaratan yakni hanya mereka berusia 13 tahun ke atas boleh membuat akun, namun tidak memiliki fitur verifikasi usia yang kuat. Tidak adanya kontrol orangtua membuat para ibu hampir tidak mungkin membatasi waktu anak-anak mereka berinteraksi di media sosial.

"Satu-satunya cara bagi Tammy Rodriguez untuk membatasi akses ke produk tergugat secara efektif adalah menyita perangkat Selena," demikian bunyi gugatan, seperti dikutip dari RT, Minggu (23/1/2022). 

Setelah ponsel disita, Selena tak kehabisan akal yakni mencari perangkat lain di luar rumah untuk mengakses akunnya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: