Ribuan Warga Israel Demonstrasi Lagi, Sebut PM Netanyahu Penjahat

Anton Suhartono ยท Minggu, 23 Agustus 2020 - 05:54 WIB
Ribuan Warga Israel Demonstrasi Lagi, Sebut PM Netanyahu Penjahat

Polisi Israel beruapaya memindahkan demonstran yang memblokade jalan di dekat kediaman PM Benjamin Netanyahu di Yerusalem (Foto: AFP)

YERUSALEM, iNews.id - Ribuan warga Israel, Sabtu (22/8/2020) malam, kembali berunjuk rasa menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Mereka memusatkan unjuk rasa di Yerusalem sambil berteriak 'Perdana Menteri adalah penjahat', 'Anda dipecat', dan 'Bebaskan Israel', seperti dikutip dari AFP, Minggu (23/8/2020).

Para demonstran berkumpul di depan kediaman dinas Netanyahu untuk menyampaikan aspirasi. Media lokal melaporkan jumlah demonstran 10.000 orang lebih.

Unjuk rasa ini merupakan rangkaian aksi untuk mendesak pemerintahan Netanyahu bertanggung jawab atas kekacauan di Israel. Netanyahu dianggap gagal dalam menangani krisis virus corona yang menyebabkan wabah menjadi tak terkendali di negara Yahudi itu dalam beberapa pekan terakhir.

Mulanya Israel dipuji sebagai salah satu negara yang berhasil mengendalikan wabah. Namun sejak pelonggaran dicabut pada April, kasus demi kasus Covid-19 bermunculan.

Wabah Covid-19 menyebabkan krisis perekonomian yang berdampak langsung kepada warga seperti semakin bertambahnya warga yang kehilangan pekerjaan.

Selain itu Netanyahu sedang menghadapi proses pengadilan dalam kasus korupsi.

Awal bulan ini, dia menuduh stasiun televisi Channel 12 dan Channel 13 menyampaikan propaganda mendukung demonstrasi yang dilakukan kelompok sayap kiri yang anarkistis. Tuduhan itu semakin memperburuk nama Netanyahu di hadapan warganya.

Editor : Anton Suhartono