Rudal Korut Melintas di Atas Jepang, Begini Reaksi AS

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 04 Oktober 2022 - 11:58:00 WIB
Rudal Korut Melintas di Atas Jepang, Begini Reaksi AS
Penampakan salah satu rudal yang diuji coba Korea Utara, beberapa waktu lalu. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.idAmerika Serikat (AS) mengutuk peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara di atas wilayah Jepang, Selasa (4/10/2022). Washington DC pun menyebut tindakan tersebut “berbahaya dan sembrono”. 

Negeri Paman Sam juga berjanji untuk membela Korea Selatan dan Jepang dengan seluruh kekuatan yang dimiliki Amerika. Kendati demikian, pejabat negara itu menyatakan tetap membuka pintu untuk berdialog dengan Pyongyang.

“Tindakan (Pyongyang) ini mengganggu stabilitas dan menunjukkan pengabaian terang-terangan DPRK terhadap resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan norma-norma keselamatan internasional,” ungkap Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Adrienne Watson, hari ini.

DPRK adalah singkatan dari Democratic People’s Republic of Korea alias Republik Demokratik Rakyat Korea, nama resmi yang digunakan Korut di panggung internasional.

Watson mengatakan, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan telah berbicara dengan para mitra Amerika dari Jepang dan Korea Selatan untuk membahas tanggapan bersama dan juga tanggapan internasional yang tepat dan kuat atas peluncuran rudal Korut itu.

Menurut dia, Sullivan memperkuat komitmen AS untuk pertahanan Jepang dan Korsel. Washington pun akan melanjutkan upaya untuk membatasi kemampuan Korea Utara dalam memajukan program senjata terlarangnya.

Korea Utara kembali menembakkan rudal balistik ke arah pantai timurnya, Selasa (4/10/2022). Kali ini, rudal tersebut melintasi wilayah udara Jepang. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda