Rusia Bakal Tutup Badan Yahudi, Presiden Israel Herzog Telepon Putin

Anton Suhartono · Selasa, 09 Agustus 2022 - 20:14:00 WIB
Rusia Bakal Tutup Badan Yahudi, Presiden Israel Herzog Telepon Putin
Presiden Israel Isaac Herzog menghubungi Vladimir Putin terkait kemungkinan penutupan Badan Yahudi (Foto: Reuters)

TEL AVIV, iNews.id - Presiden Israel Isaac Herzog berbicara dengan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, melalui telepon, Selasa (9/8/2022). Herzog membahas nasib organisasi Badan Yahudi yang terancam angkat kaki dari Rusia dengan Putin.

Kementerian Kehakiman Rusia akan menentukan nasib lembaga nirlaba Yahudi terbesar itu dalam sidang pengadilan, terakait tuduhan pelanggaran undang-undang privasi.

"Pembicaraan telepon itu berlangsung dengan terus terang ​​dan jujur. Kedua presiden menekankan bidang kerja sama yang penting antara Israel dan Rusia serta sepakat untuk tetap berhubungan," demikian pernyataan kantor presiden Israel, dikutip dari Reuters.

Sementara itu Kremlin menyatakan, kedua pemimpin sepakat bahwa pembahasan soal Badan Yahudi akan dilanjutkan oleh kedua pemerintahan.

Beberapa politisi Negara Yahudi khawatir pengadilan tersebut sebagai pembalasan atas kritikan Israel atas invasi Rusia ke Ukraina.

Para pakar juga khawatir isu Badan Yahudi ini bisa merusak komunikasi Rusia-Israel di Suriah. Rusia mengerahkan kekuatan militer ke Suriah untuk membantu rezim Bashar Al Assad melawan pemberontak. Sementara Israel menyerang Suriah mengincar target militer Iran di negara itu.

Badan Yahudi merupakan organisasi yang membantu orang-orang Yahudi yang ingin pindah ke Israel.

Sekitar 600.000 warga Rusia pemeluk Yahudi memenuhi syarat untuk pindah ke Israel. Para pejabat mengatakan ada peningkatan permohonan sejak rencana penutupan Badan Yahudi ini muncul.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda