Kolom

Satu Jam Bersama Pak Jusuf Kalla di Vatikan

Padre Marco SVD ยท Sabtu, 24 Oktober 2020 - 22:44:00 WIB
Satu Jam Bersama Pak Jusuf Kalla di Vatikan
Sekretaris Dewan Kepausan untuk Dialog Antar-Umat Beragama Romo Padre Marco SVD (kanan) bersama mantan Wapres Jusuf Kalla di Vatikan. (Foto: dok.pri).

Romo Padre Marco SVD
Sekretaris Dewan Kepausan untuk Dialog Antar-Umat Beragama

SEMUA orang Indonsia pasti kenal Pak Jusuf Kalla (JK). Beliau seorang pengusaha sukses dan Politikus bangsa kita. Dua kali menjadi Wakil Presiden. Mula-mula jadi Wapres ke-10 mendampingi Presiden SBY (2004-2009) lalu sebagai Wapres ke-12 pada Presiden Jokowi (2014-2019).

Sebagai WNI, sekalipun sudah lama berdomosili di Eropa, saya juga mengenal beliau dan segala perkembangan karier politiknya. Paling kurang lewat media.

Tidak pernah terbayang kalau hari ini saya bertemu Pak JK di Vatikan dan menghabiskan satu jam bersama beliau. Beliau datang untuk bertemu Paus Fransiskus atas undangan Komisi Tinggi Dokumen Abu Dhabi “Persaudaraan Insani“ (Human Fraternity) yang ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar, Ahmad Al-Tayyib di Abu Dhabi pada 4 Februari 2019.

Pak JK dipilih oleh Komisi Tinggi di atas untuk menjadi salah satu anggota dewan juri untuk menominasi penerima Zayed Award dari Dokumen Abu Dhabi di atas yang akan diserahkan pada Hari Ulang Tahun ke-3 dari Dokumen tersebut pada 4 Pebruari 2021 mendatang.

Team juri internasional yang terdiri atas 6 orang itu diterima Paus Fransiskus Pada 23 Oktober 2020 di Istana Kepausan Vatikan. Pertemuan mereka berlangsung selama satu jam. Artinya satu jam lamanya Pak JK berada sangat dekat dengan Paus Fransiskus. Apalagi jumlah mereka hanya enam orang. Sangat spesial.

padre marco svd

Beberapa hari lalu saya dikontak oleh KBRI untuk Tahta Suci Vatikan untuk menerima dan menemani Pak JK masuk Taman Borobudur dan Kapel Sixtin di Museum Vatikan setelah pertemuan dengan Paus.

Kantor saya juga sangat mendukung karena kehadiran Pak JK di Vatikan merupakan bagian penting dari upaya membumikan Dokumen Abu Dhabi yang juga merupakan salah satu tugas Dewan Kepausan untuk Dialog antar Umat Beragama, tempat saya bekerja. Apalagi Ketua Komisi Tinggi Dokumen Abu Dhabi dari pihak Katolik yakni Kardinal petinggi kantor saya.

Sekitar setengah jam sebelum Pak JK dan rombongan datang, saya sudah menanti di Pintu belakang Quattro Cancelli yang berhadapan dengan Taman Vatikan, Basilika Santo Petrus dan Istana Kepausan. Sekitar pukul 11.45 pagi rombongan yang didampingi oleh Ibu Lina bersama Staf KBRI untuk Tahta Suci Vatikan dan pak Danang bersama Staf KBRI untuk Italia, tiba di Quattro Cancelli. Ibu Lina memperkenalkan saya kepada Pak JK. Serta merta Pak JK menyalami saya: ‘Selamat bertemu Romo Markus’.

Saya kembali menyalami beliau sambil menyebut namanya. Kami semua hanya bisa senyum ria dari balik masker dan bersalaman ala kadarnya, tetapi tidak mengurangi rasa gembira kami sebagai orang Indonesia.

Editor : Zen Teguh