Seekor Ikan Tuna Terjual Rp2,8 Miliar dalam Lelang di Jepang

Anton Suhartono ยท Selasa, 05 Januari 2021 - 16:46:00 WIB
Seekor Ikan Tuna Terjual Rp2,8 Miliar dalam Lelang di Jepang
Seekor ikan tuna di Jepang terjual Rp2,8 miliar dalam lelang pertama pascalibur Tahun Baru (Foto: Reuters)

TOKYO, iNews.id - Seekor ikan tuna sirip biru terjual dengan harga fantastis yakni 20,8 juta yen atau sekitar Rp2,8 miliar dalam lelang pertama pascalibur di pasar ikan Toyosu, Tokyo, Jepang, Selasa (5/1/2021).

Meski demikian angka tersebut turun drastis dibandingkan lelang pertama pada 2020 yang mencapai 193 juta yen, seperti dikutip dari Reuters.

Salah satu penawar utama, Kiyomura Corp, menyatakan mereka menahan diri untuk memberikan penawaran tinggi terhadap ikan tuna seberat 208 kilogram itu pada tahun ini. Perusahaan pemilik restoran itu khawatir para pelanggan akan mendatangi restoran mereka untuk menikmati tuna terbaik di tengah pembatasan Covid-19.

Berdasarkan pengumuman otoritas kesehatan, makan dan minum merupakan salah satu penyebab utama infeksi virus corona di Jepang.

Harga jual dalam lelang tuna pertama pascalibur awal tahun berfluktuasi dari tahun ke tahun. Rekor tertinggi untuk penjualan tuna terjadi pada 2019 dengan nilai 333,6 juta yen. Namun tahun ini wabah virus corona memberikan dampak sangat besar terhadap penjualan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2