Senat Meksiko Setuju Hapus Imunitas Presiden dari Konstitusi

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 27 November 2020 - 06:55:00 WIB
Senat Meksiko Setuju Hapus Imunitas Presiden dari Konstitusi
Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador. (Foto: AFP)

MEXICO CITY, iNews.id – Senat Meksiko pada Kamis (26/11/2020) menyetujui amendemen konstitusi yang menghapus kekebalan (imunitas) presiden dari tuntutan hukum atas kejahatan yang dilakukan saat menjabat. Kejahatan itu juga mencakup korupsi.

Usulan amendemen itu telah disahkan oleh anggota parlemen di Majelis Rendah Kongres Meksiko. Kini, reformasi konstitusi itu masih membutuhkan persetujuan mayoritas badan legislatif di negara-negara bagian.

Di bawah konstitusi Meksiko yang ada selama ini, presiden yang sedang menjabat hanya dapat diadili karena pengkhianatan dan kejahatan serius tertentu lainnya.

Anggota Senat, Majelis Tinggi Kongres telah menyetujui usulan amendemen itu dengan perolehan 89 suara berbanding 23 suara. Usulan itu dicetuskan oleh Presiden Andres Manuel Lopez Obrador. Politikus populis sayap kiri itu menilai kekebalan presiden telah memicu korupsi.

Koalisi Lopez Obrador—yang dipimpin oleh Partai Morena yang dia pimpin—mendominasi kedua majelis di Kongres.

Saat masih berstatus oposisi, Lopez Obrador menuduh para pendahulunya melakukan korupsi, tetapi mereka dilindungi dari penuntutan oleh konstitusi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2