Mengenal Paman Sam, Tokoh yang Menjadi Simbol Amerika Serikat

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00:00 WIB
Mengenal Paman Sam, Tokoh yang Menjadi Simbol Amerika Serikat
Poster Paman Sam yang begitu populer di Amerika Serikat (ilustrasi). (Foto: Ist.)

JAKARTA, iNews.id – Nama Paman Sam atau Uncle Sam sering kali disematkan kepada Amerika Serikat. Namun, siapa Uncle Sam yang namanya, oleh kalangan masyarakat internasional, sudah menjadi semacam personifikasi bagi negara adidaya itu?

Pada 7 September 1813, AS mendapat julukan Paman Sam. Nama tersebut terkait dengan Samuel Wilson (1766–1854), seorang pria dari Troy, New York, yang berkecimpung dalam usaha pengepakan daging.

Dilansir dari laman History, Wilson memasok berkuintal-kuintal daging sapi untuk Angkatan Darat AS selama Perang 1812. Wilson memberi label atau cap pada tong-tong berisi daging kirimannya dengan “US” yang berarti United States, nama Amerika Serikat dalam Bahasa Inggris. Namun, para tentara AS kemudian memelesetkan label singkatan pada tong-tong itu sebagai Uncle Sam alias Paman Sam.

Ceirta itu pun dimuat oleh surat kabar lokal AS. Paman Sam pun akhirnya diterima secara luas sebagai julukan serta personifikasi bagi Pemerintah Federal AS.

Pada akhir 1860-an dan 1870-an, kartunis politik Thomas Nast (1840-1902) mulai memopulerkan gambar Paman Sam. Nast terus mengembangkan citra pria itu, hingga akhirnya memberi Sam janggut putih dan setelan bintang dan garis.

Namun, gambar Paman Sam yang paling terkenal bisa jadi adalah yang dibuat oleh seniman James Montgomery Flagg (1877-1960). Dalam versi tersebut, Paman Sam mengenakan topi tinggi dan jaket biru dan menunjuk lurus ke depan ke arah pemirsa. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda