Singgung Pidato Joe Biden soal HAM, Korut: AS Ingin Tetap Bermusuhan

Anton Suhartono ยท Minggu, 02 Mei 2021 - 05:36:00 WIB
Singgung Pidato Joe Biden soal HAM, Korut: AS Ingin Tetap Bermusuhan
Korea Utara mengecam pidato Presiden Joe Biden soal situasi HAM di negaranya (Foto: AFP)

SEOUL, iNwes.id - Korea Utara (Korut) mengomentari pidato Presiden Amerika Serikat Joe Biden baru-baru ini yang menyinggung soal isu hak asasi manusia (HAM) di negaranya.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Korut, dalam pernyataan yang disiarkan kantor berita KCNA, Minggu (2/5/2021), mengatakan, pidato tersebut menunjukkan bahwa Biden ingin mempertahankan kebijakan permusuhan.

Dia juga menuduh AS menghina martabat kepemimpinan tertinggi Korut dengan mengkritik kondisi HAM.

Kritik mengenai kondisi HAM, kata dia, merupakan bentuk provokasi yang menunjukkan AS siap untuk bertarung habis-habisan dengan Korut. Sikap itu akan mendapatkan respons yang sesuai.

Dalam pernyataan terpisah, Direktur Jenderal Departemen Urusan AS, Kementerian Luar Negeri, Kwon Jong Gun, menyinggung pidato kebijakan pertama Biden di Kongres pada Rabu lalu. 

Saat itu Biden mengatakan program nuklir Korut dan Iran menimbulkan ancaman yang akan mendapat respons melalui diplomasi serta pencegahan yang tegas.

Menurut Kwon, pendekatan diplomasi AS ditujukan untuk menutupi sikap permusuhannya, sementara pencegahan hanya upaya untuk mengancaman nuklir Korut.

"(Korut) Akan dipaksa untuk melakukan langkah-langkah yang sesuai dan seiring waktu AS akan berada dalam situasi sangat serius," tuturnya, dikutip dari Reuters.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2