Spanyol Umumkan Darurat Nasional Covid, Kemungkinan Berlaku hingga Mei 2021

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 25 Oktober 2020 - 22:10 WIB
Spanyol Umumkan Darurat Nasional Covid, Kemungkinan Berlaku hingga Mei 2021

Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez. (Foto: AFP)

MADRID, iNews.id – Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, hari ini mengumumkan keadaan darurat nasional. Dia juga memberlakuan jam malam yang mencakup seluruh Spanyol (kecuali Kepulauan Canary) sebagai langkah untuk mengekang gelombang kedua wabah Covid.

Menurut Sanchez, keadaan darurat kemungkinan akan berlangsung hingga awal Mei 2021. “Situasi yang kami alami sangat ekstrem,” kata dia dalam pidato yang disiarkan televisi setempat, seperti dikutip kembali AFP, Minggu (25/10/2020).

Pidato itu dia sampaikan setelah rapat kabinet yang diadakan untuk membahas krisis Covid.

Status darurat kali ini muncul sebagai respons atas seruan dari daerah-daerah di negeri matador untuk memberlakukan jam malam guna memerangi lonjakan kasus virus corona. Spanyol pada Rabu (21/10/2020) lalu resmi menjadi negara Eropa pertama yang mencatat lebih dari 1 juta kasus Covid-19.

Adapun jam malam selama status darurat Covid di Spanyol diberlakukan mulai pukul 23.00 sampai 06.00 setiap hari. Kendati demikian, Sanchez mengatakan, 19 pemimpin regional Spanyol memiliki wewenang untuk menetapkan jam berbeda untuk jam malam di masing-masing wilayah, sepanjang mereka bisa menerapkan aturan yang ketat untuk menahan laju penularan Covid.

Pembatasan yang akan diberlakukan nanti mencakup menutup perbatasan regional untuk bepergian, serta membatasi pertemuan maksimal untuk enam orang yang tidak tinggal bersama.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua