Susul UEA dan Bahrain, Sudan Normalisasi Hubungan dengan Israel

Anton Suhartono ยท Sabtu, 24 Oktober 2020 - 05:42:00 WIB
Susul UEA dan Bahrain, Sudan Normalisasi Hubungan dengan Israel
Donald Trump mengumumkan normalisasi hubungan Sudan dengan Israel di Ruang Oval (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Sudan mengikuti jejak Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain yang menormalisasi hubungan dengan Israel. Kepastian soal sikap Sudan itu disampaikan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Jumat (23/10/2020).

Dengan demikian Sudan menjadi negara Arab kelima yang menjalin hubungan dengan Israel setelah Mesir, Yodrania, UEA, dan Bahrain.

Pengumuman ini disampaikan Trump setelah AS mencabut Sudan dari daftar negara sponsor terorisme. Turut mengikuti konferensi pers tersebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Perdana Menteri Sudan Abdulla Hamdok melalui sambungan telepon.

"Ini benar-benar perubahan di kawasan. Ini mengubah kehidupan masyarakat kita menjadi lebih baik dan memungkinkan kita untuk fokus pada tugas membangun negara, membangun masa depan kita," kata Netanyahu, kepada Trump, di Ruang Oval, Gedung Putih, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (24/10/2020).

Sementara itu Hamdok berterima kasih kepada Trump atas pencabutan status negara terorisme dan mengatakan Sudan merupakan negara yang toleran dan cinta damai.

"Keputusan ini akan membuka lebar pintu bagi kembalinya Sudan ke komunitas internasional yang pantas," demikian pernyataan kantor perdana menteri Sudan, tanpa menyebut Israel di dalamnya.

Sementara itu Trump mengklaim ada beberapa negara Arab lain yang ingin menormalisasi hubungan dengan Israel, termasuk Arab Saudi.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2