Tak Dihadiri Kim Jong Un, Korut Sukses Uji Coba Peluncur Rudal Balistik

Anton Suhartono ยท Senin, 30 Maret 2020 - 10:39 WIB
Tak Dihadiri Kim Jong Un, Korut Sukses Uji Coba Peluncur Rudal Balistik

Korut menguji coba peluncur rudal di saat dunia fokus memerangi wabah virus corona (Foto: KCNA via AFP)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara mengklaim berhasil menguji coba peluncur roket super besar pada Minggu (29/3/2020).

Kantor berita pemerintah KCNA melaporkan keberhasilan pengujian tersebut, yang berlangsung saat dunia tengah fokus menangani wabah virus corona. Sejauh ini Korut belum melaporkan satu pun kasus Covid-19.

Ini merupakan uji coba rudal Korut keempat yang berlangsung sebulan terakhir.

Pejabat Korea Selatan mengatakan, Korut menembakkan dua proyektil yang diduga kuat sebagai rudal balistik, dari kota pelabuhan Wonsan ke arah Laut Jepang atau juga dikenal dengan Laut Timur.

Namun KCNA tak menyebutkan bahwa Kim Jong Un memimpin atau sekadar memantau uji coba tersebut. Padahal dalam uji coba sebelumnya Kim selalu menampakkan diri.

KCNA melaporkan uji coba dipimpin oleh wakil ketua partai berkuasa, Ri Pyong Chol, dan dilakukan oleh Akademi Ilmu Pertahanan Nasional.

Foto-foto yang dirilis surat kabar pemerintah Rodong Sinmun menunjukkan roket melesat dari peluncur berkapasitas enam tabung, menyerang target yang tampaknya berada di pulai seberang.

Analis Korut dari Asan Institute for Policy Studies, Go Myong Hyun, mengatakan, ketidakhadiran Kim menunjukkan bahwa uji coba rudal Korut bukan hal istimewa lagi.

"Dengan absennya Kim, Korut berusaha mengurangi pentingnya peluncuran dan menekankan bahwa uji coba rudal merupakan bagian dari latihan biasa," kata dia.

Editor : Anton Suhartono