Taliban Bertemu Perwakilan Negara Barat, Jubir Klaim sebagai Langkah Melegitimasi Pemerintah Afghanistan

Umaya Khusniah ยท Senin, 24 Januari 2022 - 09:40:00 WIB
Taliban Bertemu Perwakilan Negara Barat, Jubir Klaim sebagai Langkah Melegitimasi Pemerintah Afghanistan
Menteri Luar Negeri Taliban, Amir Khan Muttaqi. (Foto: Reuters)

OSLO, iNews.id - Delegasi Taliban memulai pertemuan dengan negara barat selama tiga hari di Oslo, Norwegia. Pertemuan ini menimbulkan perdebatan terkait legitimasi pemerintah Taliban oleh negara barat. 

Pertemuan tertutup dimulai pada Minggu (23/1/2022) dan bertempat di sebuah hotel di pegunungan yang tertutup salju Kota Oslo. Delegasi Taliban dipimpin oleh Menteri Luar Negeri, Amir Khan Muttaqi. 

Hadir pula dalam pertemuan itu perwakilan masyarakat sipil Afghanistan dan juga pejabat negara barat. Ada juga beberapa aktivis hak-hak perempuan dan hak asasi manusia. 

Ini merupakan pertemuan resmi pertama Taliban di negara Eropa sejak mereka berhasil mengambil alih pemerintah Afghanistan Agustus lalu. 

Berbicara pada akhir hari pertama pembicaraan, delegasi Taliban Shafiullah Azam mengatakan kepada The Associated Press, pertemuan dengan pejabat Barat merupakan 'langkah untuk melegitimasi pemerintah Afghanistan (Taliban)'. 

"Selain itu, undangan dan komunikasi semacam ini akan membantu masyarakat Eropa, AS atau banyak negara lain untuk menghapus gambaran yang salah tentang pemerintah Afghanistan," katanya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: