Taliban Tangkap Model Afghanistan, Dituduh Lecehkan Islam dan Alquran

Umaya Khusniah ยท Kamis, 09 Juni 2022 - 09:48:00 WIB
Taliban Tangkap Model Afghanistan, Dituduh Lecehkan Islam dan Alquran
Ajmal Haqiqi (kanan) yang merupakan model busana, bintang video klip YouTube ditangkap oleh pemerintah Taliban.

ISLAMABAD, iNews.id - Taliban menangkap seorang model terkenal Afghanistan dan tiga rekannya. Pasalnya, mereka berempat dinilai tidak menghormati Islam dan kitab suci umat Islam, Alquran. 

Ajmal Haqiqi yang merupakan model busana, bintang video klip YouTube ditangkap oleh pemerintah Taliban. Menurut video yang diposting di Twitter oleh Badan Intelijen Taliban pada Selasa (7/6/2022). Afghanistan, Haqiqi tampak diborgol.

Dia ditangkap lantaran terekam kamera menertawakan ayat suci Alquran yang dibacakan rekannya. Dalam satu video yang beredar luas dan kontroversial, Haqiqi tertawa ketika rekannya Ghulam Sakhi yang memiliki gangguan bicara membacakan ayat-ayat Alquran dalam bahasa Arab dengan suara lucu.

Setelah penangkapan, Taliban merilis video Haqiqi dan rekan-rekannya, terlihat berdiri dengan seragam penjara berwarna coklat muda. Mereka juga tampak meminta maaf kepada pemerintah Taliban dan ulama.

Video itu disertai dengan tweet dalam bahasa Dari, yang mengatakan 'Tidak ada yang diizinkan untuk menghina ayat-ayat Alquran atau ucapan Nabi Muhammad.

Pada Rabu (8/6/2022), Amnesty International merilis sebuah pernyataan yang mendesak Taliban untuk segera dan tanpa syarat membebaskan Haqiqi dan rekan-rekannya.

Amnesty telah mendokumentasikan beberapa penahanan sewenang-wenang oleh Taliban di Afghanistan. Menurut mereka, penangkapan sering disertai dengan pernyataan paksa dalam upaya untuk meredam perbedaan pendapat di negara itu.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda