Tentara Pengawal Pelantikannya Tidur di Area Parkir, Joe Biden Minta Maaf

Djairan ยท Sabtu, 23 Januari 2021 - 14:43:00 WIB
Tentara Pengawal Pelantikannya Tidur di Area Parkir, Joe Biden Minta Maaf
Sejumlah tentara Garda Nasional AS beristirahat di luar Gedung Parlemen Amerika (Capitol), Jumat (22/1/2021). (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Presiden AS Joe Biden meminta maaf setelah munculnya laporan bahwa ratusan tentara Garda Nasional yang ditugaskan di Gedung Parlemen (Capitol), Washington DC, terpaksa tidur di area parkir mobil. Mereka adalah pasukan pengamanan upacara pelantikan Biden, Rabu (20/1/2021) lalu.

Ada lebih dari 25.000 personel Garda Nasional yang dikerahkan ke Washington DC untuk mengamankan pelantikan presiden dan wakil presiden AS, menyusul insiden penyerangan brutal Gedung Caiptol, 6 Januari lalu. Kamis (21/1/2021) waktu AS, tersebar foto tentara itu di media sosial, di mana mereka terpaksa beristirahat di area parkir terdekat.

Foto itu memicu kemarahan di kalangan politisi, bahkan beberapa gubernur negara bagian menarik pasukan atas kontroversi tersebut. Tak lama setelah masalah itu heboh, Presiden Biden langsung menelepon kepala Biro Garda Nasional pada hari Jumat, meminta maaf dan bertanya apa yang bisa dilakukan.

Sementara itu, Ibu Negara Jill Biden sempat mengunjungi beberapa pasukan di sana untuk mengucapkan terima kasih secara pribadi. Jill diketahui membawa biskuit dari Gedung Putih sebagai hadiah.

“Saya hanya ingin datang hari ini untuk mengucapkan terima kasih kepada Anda semua, karena telah menjaga saya dan keluarga saya dengan aman,” kata Jill, dikutip dari BBC, Sabtu (23/1/2021).

Foto-foto yang menunjukkan ratusan tentara tidur di area parkir itu viral. Banyak yang menyuarakan keprihatinan atas kondisi itu, melihat tentara yang tengah tidur terpapar asap mobil. Bahkan disebutkan, mereka tak difasilitasi akses yang layak ke fasilitas seperti toilet.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2