Terungkap Tentara Myanmar Bantai 40 Warga Sipil, Disiksa Sebelum Dibunuh

Salsabila Nur Rizki ยท Senin, 20 Desember 2021 - 15:33:00 WIB
Terungkap Tentara Myanmar Bantai 40 Warga Sipil, Disiksa Sebelum Dibunuh
Hasil penyelidikan mengungkap militer Myanmar membantai 40 pria di Kani (Foto: Reuters)

NAYPYIDAW, iNews.id - Hasil penyelidikan mengungkap tentara Myanmar membantai 40 laki-laki pendukung demokrasi di berbagai lokasi pada Juli lalu atau beberapa bulan setelah kudeta pada 1 Februari.

Seorang saksi mata yang juga korban selamat mengatakan, para tentara, beberapa di antara mereka berusia sekitar 17 tahunan, mengepung desa sebelum memisahkan laki-laki lalu membunuh mereka. Sebuah video dan beberapa foto memperlihatkan bagaimana mereka membunuh para korban lalu menguburnya. Sebelum itu, para korban sempat disiksa.

Pembunuhan massal itu merupakan empat peristiwa berbeda di Kota Kani, daerah di Distrik Sagaing yang dikuasai kubu penentang pemerintahan junta hasil kudeta.

Diketahui, militer Myanmar berperang dengan warga sipil yang membentuk milisi bersenjata sejak kudeta.

BBC mewawancarai 11 saksi mata di Kani untuk menggali keterangan serta mencocokkannya dengan foto dan video milik Myanmar Witness, sebuah LSM berbasis di Inggris yang menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia di Myanmar. 

Korban terbanyak berada di Desa Yin, di mana 14 pria disiksa dan dipukuli hingga tewas, Jasad mereka lalu dibuang di lubang di hutan.

Seorang saksi mata di Yin mengatakan, korban diikat dengan tali lalu dipukuli hingga tewas.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: