Toko Serba Ada di Inggris Ini Jual Plester dengan Berbagai Macam Warna Kulit

Nathania Riris Michico ยท Senin, 02 Maret 2020 - 07:06 WIB
 Toko Serba Ada di Inggris Ini Jual Plester dengan Berbagai Macam Warna Kulit

Plester dengan berbagai macam warna kulit. (FOTO: TESCO)

LONDON, iNews.id - Sebuah toko serba ada terbesar di Inggris Raya, Tesco, menjual plester dalam berbagai warna kulit. Hal itu sebagai upaya menyediakan cerminan keragaman rasial.

"Plester ini, dengan warna yang terang, medium, dan gelap, akan lebih mewakili keragaman bangsa kita," kata pihak Tesco.

Jaringan toserba ini mengatakan, mereka mengembangkan plester ini sesudah melihat adanya cuitan dari seorang pria Amerika yang gembira saat menemukan plester yang cocok dengan warna kulitnya.

Mereka mengatakan langkah ini adalah yang pertama kalinya di Inggris Raya.

Banyak yang menyambut gembira langkah ini, seraya mempertanyakan mengapa perlu waktu lama sampai plester semacam ini tersedia.

Pegiat Sajda Mughal bercuit: "Rasanya seperti perempuan kulit berwarna yang tak bisa menemukan bedak dasar yang cocok dengan warna kulitnya, dan yang tersedia hanya warna jambon!! Akhirnya ada yang menyediakannya!!!"

"Sebagai salah satu pengusaha eceran terbesar di Inggris Raya, kami paham akan tanggung jawab untuk memastikan produk kami mencerminkan keragaman pelanggan dan rekan-rekan kami," kata Nicola Robinson, direktor bidang kecantikan dan kesehatan di perusahaan toserba itu.

"Kami percaya peluncuran plester dengan warna beragam ini merupakan langkah penting dan kami harap ini akan ditiru oleh para pengecer dan toserba lain di seluruh negeri."

Toserba ini mengembangkan plester beragam warna sesudah sebuah cuitan dari Dominique Apollon, pegiat kesetaraan ras dari kelompok Race Forward di AS, menjadi viral.

Apollon mengatakan dia sangat gembira sesudah menemukan plester yang cocok dengan warna kulitnya untuk pertama kali, sambil "mengeluarkan air mata hitam". Cuitan ini menimbulkan lebih dari 100.000 cuit-ulang dan komentar.

Kini, masyarakat Inggris bisa punya pilihan ketika membeli plester di super market tersebut, di 741 toko mereka.

Sedangkan jaringan apotik terbesar Inggris Raya, Boots, tidak menyediakan plester dengan beragam warna sekalipun mereka menyediakan plester yang transparan.

Merk-merk khusus menyediakan plester sesuai warna kulit yang dijual daring, tapi harganya mahal.

Sementara itu toko kecantikan dan farmasi Superdrug mengatakan kepada BBC bahwa mereka berencana mengedarkan plester dengan tiga pilihan warna terang, medium dan gelap dalam enam minggu ke depan.

Nicola Paul, ahli keragaman untuk konsultan rekruitmen Green Park menyambut baik kabar ini.

"Bukan hanya ini hal yang tepat, tetapi juga memang ada kebutuhan untuk itu," katanya.

"Perusahaan industri kosmetik menyadari pentingnya produk untuk warna kulit berbeda sejak bertahun-tahun lalu, dan kita bisa temukan banyaknya unggahan di media sosial yang menyatakan ketidakpuasan akan hal ini."

Editor : Nathania Riris Michico