Tragis, Harimau Terkam Penjaga Kebun Binatang hingga Tewas di Hadapan Pengunjung

Anton Suhartono · Minggu, 05 Juli 2020 - 15:18 WIB
Tragis, Harimau Terkam Penjaga Kebun Binatang hingga Tewas di Hadapan Pengunjung

Harimau Siberia di Kebun Binatang Zurich menerkam penjaga satwa hingga tewas di hadapan pengunjung (Foto: EPA)

ZURICH, iNews.id - Harimau Siberia menerkam penjaga satwa Kebun Binatang Zurich, Swiss, hingga tewas, Sabtu (4/7/2020). Tragisnya, peristiwa tersebut terjadi di hadapan para pengunjung.

Juru bicara kepolisian Zurich Judith Hoedl mengatakan, segala upaya medis dilakukan untuk menyelamatkan perempuan berusia 55 tahun itu, namun tak berhasil.

“Sayangnya semua sudah terlambat,” kata Hoedl, dikutip dari The Sun, Minggu (5/7/2020).

Para pengunjung berteriak histeris dan mencari pertolongan begitu harimau bernama Irina tersebut menerkam penjaga di dalam kandang sekitar pukul 13.00 waktu setempat.

"Sekelompok penjaga kebun binatang segera bergerak ke kandang. Mereka berhasil menarik perhatian Irina dan melepaskan korban, lalu masuk ke kandang kerangkeng,” demikian keterangan kebun binatang.

Namun upaya medis darurat tak bisa menyelamatkan nyawa korban akibat luka parah, sehingga meninggal di lokasi.

Kebun binatang menyelidiki kasus ini, termasuk mengungkap mengapa penjaga satwa berada di kandang saat harimau betina itu juga dikeluarkan dari kerangkengnya.

"Bagaimana insiden tragis itu terjadi dan mengapa penjaga satwa berada di kandang pada saat yang sama dengan harimau, sedang diselidiki oleh jaksa penuntut umum, polisi, dan forensik,” bunyi pernyataan.

Direktur Kebun Binatang Zurich Severin Dressen menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga korban.Dressen mengatakan, korban merupakan penjaga satwa senior dan berpengalaman.

Sementara itu pengunjung yang menyaksikan serangan itu mendapatkan konseling psikologis dari para ahli untuk mengobati trauma.

Irina lahir pada 2015 di kebun binatang di Odense, Denmark, dan dipindahkan ke Zurich tahun lalu.

Kebun Binatang Zurich baru dibuka setelah tutup akibat wabah virus corona. Terkait kejadian ini, kebun binatang kembali ditutup pada Minggu.

Editor : Anton Suhartono