Ukraina Serang 2 Pangkalan Udara Rusia Pakai Drone Jarak Jauh, Begini Komentar AS 

Anton Suhartono · Rabu, 07 Desember 2022 - 11:13:00 WIB
Ukraina Serang 2 Pangkalan Udara Rusia Pakai Drone Jarak Jauh, Begini Komentar AS 
Pangkalan udara Rusia diserang drone oleh Ukraina (Foto: Maxar via Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Ukraina memberi kejutan kepada Rusia dengan menyerang dua pangkalan udara pada Senin (5/12/2022). Dua pangkalan udara itu berada jauh dari garis perbatasan kedua negara yang menandakan Ukraina telah meningkatkan kemampuan serangan ke wilayah Rusia yang lebih dalam.

Serangan dilakukan menggunakan drone bermesin jet peninggalan era Uni Soviet dan merusak beberapa pesawat pengebom jarak jauh Rusia.

Lantas, adakah peran Amerika Serikat (AS) dalam keberhasilan serangan Ukraina itu?

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken membantah AS terkait dengan serangan Ukraina baru-baru ini. Menurut dia, persenjataan yang dikirim AS ke Ukraina untuk tujuan pertahanan bukan menyerang. Meski demikian Blinken mengakui AS tak bisa mengontrol penggunaannya.

Blinken juga menegaskan, serangan itu tak akan mengubah rencana AS untuk terus memasok persenjataan yang dibutuhkan Ukraina, termasuk roket HIMARS.

"Kami tidak mendorong atau memungkinkan Ukraina menyerang ke dalam wilayah Rusia," kata Blinken, dalam konferensi pers di Washington DC.

Dia menegaskan fokus AS adalah menjamin Ukraina bisa memberikan perlawanan atas invasi Rusia.

"(AS bertekad memberi) Peralatan yang mereka butuhkan untuk mempertahankan diri, mempertahankan wilayah, mempertahankan kemerdekaan mereka," kata Blinken.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda