Gawat, Mantan Pejabat CIA Sebut Ukraina Berusaha Seret AS ke Perang Melawan Rusia

Anton Suhartono ยท Rabu, 07 Desember 2022 - 09:18:00 WIB
Gawat, Mantan Pejabat CIA Sebut Ukraina Berusaha Seret AS ke Perang Melawan Rusia
Volodymyr Zelensky (Foto: Layanan Pers Kepresidenan Ukraina via Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Mantan pejabat badan intelijen CIA Philip Giraldi menyebut Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ingin menyeret Amerika Serikat (AS) dan NATO ke dalam perang. Menurut dia, Ukraina sedang mencari cara agar AS dan NATO benar-benar terlibat langsung dalam perang melawan Rusia

Pernyataan Giraldi tersebut merujuk pada serangan drone Ukraina pada Senin lalu yang mengincar dua pangkalan udara Rusia. Ukraina berani menyerang ke wilayah Rusia lebih dalam, salah satu pangkalan hanya berjarak sekitar 180 km dari Ibu Kota Moskow.

"Dalam pemikiran saya, ini adalah upaya terang-terangan Zelensky untuk meningkatkan perang," kata Giraldi, dalam podcast bersama Andrew Napolitano, seperti dilaporkan kembali RT. 

Contoh lain, lanjut Giraldi, adalah insiden rudal buatan Rusia yang menghantam Polandia pada bulan lalu menewaskan dua orang. Zelensky bersikeras rudal tersebut ditembakkan pasukan Rusia, namun bukti yang ada sistem pertahanan tersebut diluncurkan tentara Ukraina. Hal itu pun sudah diketahui Polandia.

“Dia bahkan mendorong dan mengatakan NATO harus turun tangan sekarang. Ini bisa menjadi upaya lain untuk, sebut saja, meningkatkan eskalasi di pihak Rusia yang mungkin bisa ditafsirkan sebagai bahaya bagi Polandia, bahaya bagi pasukan di Polandia, hal-hal semacam itu. Ini adalah cara yang sedang dimainkan," tuturnya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda