Wali Kota Ganteng Ini Janji Bersikap Keras terhadap China jika Terpilih Jadi Presiden

Ahmad Islamy Jamil · Senin, 31 Januari 2022 - 21:47:00 WIB
Wali Kota Ganteng Ini Janji Bersikap Keras terhadap China jika Terpilih Jadi Presiden
Wali Kota Filipina, Francisco Domagoso. (Foto: Reuters)

MANILA, iNews.id – Wali Kota Manila, Francisco Domagoso, berjanji bakal bersikap keras terhadap China jika terpilih menjadi presiden Filipina. Dia menyatakan tidak akan menoleransi agresi maritim yang dilancarkan penguasa negeri tirai bambu di wilayah perairan Filipina.

Domagoso juga mengatakan, dia tidak akan ragu untuk mendorong Beijing untuk mematuhi hukum internasional jika menang dalam pemilihan umum presiden (pilpres) tahun ini.

Domagoso adalah mantan aktor dan lebih dikenal dengan nama panggung “Isko Moreno”. Dia terpilih sebagai wali kota Manila pada 2019.

Politikus berusia 47 tahun itu mengatakan, dia akan memberikan jaminan kepada para nelayan Filipina bahwa mereka dapat beroperasi di Laut China Selatan (LCS) tanpa dilukai, tanpa hambatan, dan tanpa gangguan.

Wali kota Manila itu mengatakan, ada banyak laporan pelecehan, blokade, dan serangan yang dilakukan milisi maritim China di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Filipina. Di masa mendatang, jika dia menjadi kepala negara, itu semua akan menjadi “masa lalu” bagi masyarakat Filipina.

Menurut Domagoso, China harus menerima putusan arbitrase 2016 yang memperjelas hak Filipina atas perairan yang disengketakan di LCS. Hak Filipina itu termasuk untuk menangkap ikan dan mengeksploitasi minyak dan gas lepas pantai. 

Sebelumnya, China menolak putusan arbitrase tersebut dan mengklaim secara sepihak yurisdiksi historis hampir seluruh LCS.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda