Zelensky Desak Negara G7 Hentikan Perang Rusia di Ukraina Akhir Tahun Ini

Anton Suhartono ยท Senin, 27 Juni 2022 - 18:27:00 WIB
Zelensky Desak Negara G7 Hentikan Perang Rusia di Ukraina Akhir Tahun Ini
Volodymyr Zelensky mendesak G7 untuk menghentikan perang Rusia di Ukraina akhir tahun ini juga (Foto: Reuters)

SCHLOSS ELMAU, iNews.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta negara-negara G7 untuk membuat Rusia menghentikan perang sebelum musim dingin akhir tahun ini. Rusia semakin dekat mewujudkan salah satu tujuannya dalam operasi militer khusus di Ukraina dengan hampir merebut Provinsi Luhansk.

Dua diplomat Uni Eropa yang mengikuti KTT G7 di Jerman mengatakan, permintaan itu disampaikan Zelensky melalui video kepada pemimpin Amerika Serikat (AS), Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Jepang, dan Italia, dalam pertemuan hari kedua.

Selain itu, kata sumber, Zelensky juga meminta kepada negara G7 mengirim sistem pertahanan udara yang lebih canggih untuk menangkal serangan-serangan pasukan Rusia yang semakin masif. Rusia semakin menggencarkan serangan di Lysychansk, kota terakhir di Luhansk yang belum sepenuhnya dikuasai.

Pada kesempatan itu Zelensky juga meminta para pemimpin G7 untuk memperkuat sanksi terhadap Rusia, jaminan keamanan, dan bantuan rekonstruksi.

Dia juga meminta bantuan agar Ukraina bisa melanjutkan ekspor gandum.

Sementara itu G7 berkomitmen untuk membuat tindakan terkoordinasi baru guna meningkatkan tekanan terhadap Rusia. Tujuh negara demokrasi industri maju itu juga akan merampungkan rencana pembatasan harga minyak Rusia.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda