Zelensky Minta NATO Lancarkan Serangan Pencegahan ke Rusia, Menlu Lavrov: Ukraina Perlu Dinetralisir

Umaya Khusniah · Jumat, 07 Oktober 2022 - 16:12:00 WIB
Zelensky Minta NATO Lancarkan Serangan Pencegahan ke Rusia, Menlu Lavrov: Ukraina Perlu Dinetralisir
Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mengatakan pernyataan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang menyarankan NATO meluncurkan serangan pencegahan ke Rusia menegaskan perlunya 'operasi khusus' di Ukraina.

"Dengan melakukan itu, (Zelensky) pada dasarnya memberi dunia bukti lebih lanjut tentang ancaman yang ditimbulkan oleh rezim Kiev. Inilah mengapa operasi militer khusus diluncurkan untuk menetralisir mereka," kata Lavrov, Jumat (7/10/2022). 

Sebelumnya, dalam diskusi dengan think tank Australia, Lowy Institute, pada Kamis (6/10/2022), Zelensky mengatakan serangan oleh NATO ke Rusia diperlukan untuk mencegah penggunaan senjata nuklir. Namun dia tidak merinci tentang serangan seperti apa yang dia maksud, dan tidak menyebutkan perlunya serangan nuklir.

Pasca-pernyataan Zelensky, Kremlin mengecam komentar Presiden Ukraina tersebut. 

"Pernyataan seperti itu tidak lain adalah seruan untuk memulai lagi perang dunia dengan konsekuensi mengerikan yang tidak dapat diprediksi," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov seperti dikutip RIA, Kamis (9/10/2022).

Rusia meluncurkan "operasi militer khusus" untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" tetangganya. Ukraina dan negara-negara Barat telah menolak ini sebagai dalih tak berdasar untuk invasi.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda