7 Fakta Holywings Promosi Miras untuk Nama Muhammad dan Maria, Nomor 5 Bikin Miris

Ari Sandita Murti, Muhammad Refi Sandi, rizky syahrial, riana rizkia ยท Sabtu, 25 Juni 2022 - 08:14:00 WIB
7 Fakta Holywings Promosi Miras untuk Nama Muhammad dan Maria, Nomor 5 Bikin Miris
Manajemen Holywings Indonesia dipolisikan karena dugaan promosi miras gratis untuk orang bernama Muhammad dan Maria. (Foto: Instagram @holywingsindonesia)

JAKARTA, iNews.id - Restoran Holywings membuat geger masyarakat dengan promosi minuman beralkohol untuk orang bernama Muhammad dan Maria. Promosi itu pun dikecam banyak pihak.

Manajemen Holywings pun sudah menyampaikan permintaan maaf secara terbuka melalui akun Instagram resminya. Namun hal itu belum cukup membendung kecaman dari berbagai pihak.

Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) melaporkan hal tersebut ke polisi. Sejauh ini Polres Jakarta Selatan sudah menetapkan enam tersangka dalam kasus ini.

Berikut sejumlah fakta terkait kasus yang menggegerkan tersebut:

1. Promosi Holywings dilaporkan ke polisi

Ketua Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) Sunan Kalijaga melaporkan manajemen Holywings Indonesia ke Polda Metro Jaya. Kafe itu diduga mempromosikan minuman keras (miras) dengan nada agama. 

"Saya bersama tim Himpunan Advokat Muda Indonesia sudah melaporkan adanya dugaan penistaan agama yang kami duga dilakukan oleh salah satu manajemen kafe," ujar Sunan Kalijaga, Jumat (24/6/2022).

Diketahui, Holywings mempromosikan miras gratis bagi pengunjung yang bernama Muhammad dan Maria. 

Menurut Sunan, Holywings dianggap telah melakukan ujaran kebencian terhadap individu atau kelompok berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

"Kami sangat menyayangkan promo tersebut yang jelas-jelas terpampang nyata melukai hati umat Muslim dan Nasrani," kata Sunan.

2. Manajemen Holywings sempat minta maaf

Holywings Indonesia meminta maaf unggahan promosinya yang membawa nama ‘Muhammad dan Maria’ menjadi polemik. Manajemen mengaku sudah menindak tegas karyawannya yang bertanggung jawab atas promo itu.

Sebelumnya unggahan di Instagram Story yang viral tersebut menyebutkan orang yang bernama Muhammad akan mendapatkan satu botol gordon’s dry gin.

Sementara itu, perempuan yang bernama Maria akan mendapatkan satu botol gordon’s pink di setiap hari Kamis. 

“Terkait dengan viralnya unggahan kami (Holywings Indonesia) menyangkut promosi dengan menggunakan nama ‘Muhammad & Maria’, kami telah menindak lanjuti pihak tim promosi yang membuat promosi tersebut tanpa sepengetahuan manajemen Holywings Indonesia dengan sanksi yang sangat berat,” tulis akun @holywingsindonesia seperti dikutip pada Jumat (24/6/2022).

3. Langsung ditegur Pemprov DKI Jakarta

Pemprov DKI Jakarta mengambil langkah tegas dengan memberikan teguran tertulis terkait promosi kontroversi dari sebuah bar dan restoran Holywings. Diketahui restoran itu memberikan promo minuman keras gratis bagi pemilik nama Maria dan Muhammad.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Iffan mengatakan pihaknya langsung mengambil langkah tegas.

"Sudah, sudah kami berikan teguran tertulis pertama kepada manajemen," kata Iffan, Jumat (24/6/2022).

Iffan menambahkan manajemen Holywings telah mengabaikan norma di kalangan masyarakat. Bahkan, penggunaan nama Maria dan Muhammad lekat dengan norma agama.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda