744.662 Warga DKI Terdaftar Kartu Pekerja, Begini Cara Pengajuannya

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 01 November 2018 - 18:14 WIB
744.662 Warga DKI Terdaftar Kartu Pekerja, Begini Cara Pengajuannya

Ilustrasi buruh (Foto: IST)

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2019 sebesar Rp3,9 juta. Besaran UMP itu juga diikuti fasilitas Kartu Pekerja untuk menunjang kehidupan warga Jakarta.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Andri Yansyah mengatakan, data tenaga kerja berdomisili DKI yang mendapat Kartu Pekerja sebanyak 744.662 Orang. Pemprov masih terus melakukan pendaftaran dan verifikasi. 

“Sasaran yang pertama dia ber-KTP DKI. Kedua, pekerja yang mendapatkan upah atau gaji UMP plus 10 persen,” kata Andri di Balai Kota Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Menurut dia, tahun ini, aturan tenaga kerja yang baru bekerja satu tahun tidak mendapat Kartu Pekerja akan dihapus. Jadi, asalkan pekerja ber-KTP DKI dan gaji UMP akan mendapat kartu.

Andri melanjutkan, ke depan pekerja tidak perlu repot-repot mendatangi Disnaker atau Bank DKI untuk mendaftarkan. Pemprov akan menerapkan program jemput bola dengan mendatangi perusahaan.

“Tergantung dari kecepatan data, makanya kami melibatkan serikat federasi, tergantung serikat federasi menyerahkan kepada kami,” ucap dia.

Adapun fungsi Kartu Pekerja dapat digunakan untuk naik bus Transjakarta gratis di 13 koridor, member Jakgrosir atau penyedia bahan pokok murah di Jakarta, fasilitas pembelian rumah DP 0 Rupiah, anak pemegang Kartu Pekerja mendapat layanan pendidikan dengan KJP Plus. 

Setelah memenuhi syarat pokok ber KTP DKI dan berpenghasilan setara UMP, masyarakat dapat mengajukan Kartu Pekerja dengan cara:

1. Pemohon mengumpulkan fotokopi KTP, KK, NPWP, slip gaji dan surat keterangan dari perusahaan.

2. Pendaftaran dilakukan melalui Dinas dan Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DKI Jakarta atau melalui tim kerja (serikat pekerja, asosiasi, atau Disnaker).

3. Disnakertrans DKI Jakarta melakukan verifikasi terhadap data permohonan yang diajukan.

4. Pemohon melakukan pembukaan rekening Bank DKI (minimal deposit Rp50.000) serta Bank DKI mencetak kartu bagi pemohon yang dinyatakan lolos verifikasi.

5. Disnakertrans DKI Jakarta bersama Bank DKI akan mendistribusikan kartu di titik-titik yang telah ditentukan oleh serikat pekerja.

Berikut adalah titik lokasi penyediaan pangan dengan harga murah bagi penerima Kartu Pekerja Jakarta.

1. Perumda Pasar Jaya (96 titik Lokasi).

2. RPTRA (110 titik Lokasi).

3. Rusun (18 titik Lokasi).

4. Meat Shop Dharma Jaya (2 titik Lokasi).

5. Koperasi Serikat Pekerja yang ditetapkan tim kerja.  


Editor : Khoiril Tri Hatnanto