Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Jakarta Kebut Pembuatan Kolam Olakan

Komaruddin Bagja Arjawinangun ยท Kamis, 28 Januari 2021 - 01:35:00 WIB
Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Jakarta Kebut Pembuatan Kolam Olakan
Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengatakan pembuatan kolam olakan dikebut untuk mengantisipasi banjir. (Foto Antara).

JAKARTA, iNews.id - Pemprov DKI Jakarta terus melakukan berbagai upaya dan gerak cepat untuk mengantisipasi banjir sebagai dampak musim hujan. Salah satunya dengan mengebut pembuatan kolam olakan air melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA).

Pembuatan kolam olakan air ini telah dilakukan di beberapa wilayah di Ibu Kota Jakarta guna mengantisipasi dan menampung genangan air sementara di jalan raya saat hujan tiba. Setelah itu air yang ditampung di kolam olakan akan dialirkan ke sungai atau laut.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan pembuatan kolam olakan air ini diharapkan dapat menjadi langkah konkrit dalam mengatasi banjir di Jakarta. Hal ini disampaikannya saat melakukan peninjauan langsung proses pengerjaan/pembuatan kolam olakan air di Jalan Boulevard Raya tepatnya di bawah lintasan moda transportasi massal Lintas Rel Terpadu (LRT), Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (27/1/2021).

Pengerjaan kolam olakan di tempat tersebut dikerahkan satu unit alat berat, satu unit dump truck serta 22 personel pasukan biru. Dalam kunjungannya tersebut, Riza memastikan pembuatan kolam olakan air tersebut berjalan baik dan optimal serta sesuai dengan perencanaan.

"Hari ini saya mengunjungi beberapa titik banjir. Upaya yang kami lakukan di antaranya dengan cara membuat olakan-olakan dengan menampung air seperti di Kelapa Gading ini, di bawah LRT ini, ada 11 olakan yang dibuat. Kemudian nanti disalurkan ke sungai dan diteruskan ke laut," ujar Riza Rabu (27/1/2021).

Sekadar informasi, pembuatan kolam olakan bertujuan untuk tempat penampungan air sementara sebelum dialirkan ke saluran eksisting yang ada. Kolam olakan yang berada di depan Mal Kelapa Gading memanfaatkan lahan di bawah jalan layang LRT sebagai salah satu antisipasi penanganan genangan di Jalan Boulevard Raya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3