Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Jakarta Kebut Pembuatan Kolam Olakan

Komaruddin Bagja Arjawinangun ยท Kamis, 28 Januari 2021 - 01:35:00 WIB
Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Jakarta Kebut Pembuatan Kolam Olakan
Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengatakan pembuatan kolam olakan dikebut untuk mengantisipasi banjir. (Foto Antara).

Jumlah kolam olakan sebanyak 11 titik dengan masing – masing titik berdimensi kurang lebih panjang 33 meter, dengan lebar 2,5 meter, serta kedalaman 1,5 meter. Nantinya, dengan adanya pembangunan Kolam olakan ini, selain dapat mengatasi genangan, di sekitar olakan juga bermanfaat menjadi taman.

Kemudian Riza mengungkapkan berbagai upaya pengendalian dampak musim hujan yang tengah dilakukan oleh Pemprov DKI membuahkan hasil yang baik. Dengan demikian, diharapkan seluruh wilayah Jakarta akan aman selama musim hujan. 

"Alhamdulillah sampai hari ini kita masih bersyukur bisa mengendalikan banjir, yang seharusnya melihat dari debit curah hujan yang tinggi dalam beberapa minggu ini di Jakarta sudah banjir sebagaimana tahun tahun sebelumnya, karena berbagai upaya memberikan hasil yang cukup baik," ujarnya.

Selain gerak cepat melakukan pembuatan kolam olakan air, Pemprov DKI juga terus melakukan berbagai upaya pengendalian banjir antara lain kegiatan Gerebek Lumpur atau peningkatkan intensitas pengerukan lumpur guna meningkatkan daya tampung sungai, waduk, situ atau embung dengan melakukan pengerukan sedimen lumpur secara massal. 

"Ke depan kami akan tingkatkan lagi yang sehari 8 jam menjadi 16 jam. Mudah-mudah dengan demikian kita bisa memiliki kemampuan daya tampung lebih tinggi," ucap Riza.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3