Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Jakarta Kebut Pembuatan Kolam Olakan

Komaruddin Bagja Arjawinangun ยท Kamis, 28 Januari 2021 - 01:35:00 WIB
Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Jakarta Kebut Pembuatan Kolam Olakan
Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengatakan pembuatan kolam olakan dikebut untuk mengantisipasi banjir. (Foto Antara).

Di samping itu, Pemprov DKI Jakarta juga melakukan terobosan lainnya dalam pengendalian banjir di Ibu Kota, yakni membuat sodetan kali/sungai. Sehingga bisa mengatur keluar masuknya air, agar tidak menggenangi sebuah tempat atau pemukiman penduduk.

"Jadi itu beberapa upaya yang berbeda dari sebelumnya. Di samping tentu upaya lainnya yang sudah dilakukan, (seperti) normalisasi, naturalisasi kemudian menyiapkan pompa stationer, pompa mobile juga kami siapkan di periode ini. Berbagai upaya ini kami lakukan semaksimal mungkin," kata Riza.

Dalam kesempatan ini, Riza mengajak masyarakat khususnya yang tinggal di Jakarta untuk turut berpartisipasi dan berkolaborasi dalam upaya pengendalian banjir.

"Mari kita tertib, disiplin, tidak membuang sampah sembarangan. Kita pastikan lingkungan rumah/ yang terdekat kita selokannya berfungsi dengan baik, dibersihkan. Mari seluruh warga membantu kita semua dengan cara membuat sumur resapan di rumah masing-masing. Dukungan masyarakat sangat dibutuhkan dalam rangka memastikan Jakarta bisa lebih baik lagi dan terbebas dari banjir," tuturnya.

Beberapa lokasi kolam olakan air sebagai berikut:

1. Jakarta Pusat: Jl. Pangeran Jayakarta; Jl. Mangga besar; Jl. Raya Mangga Besar,

2. Jakarta Barat: Jl. Kedoya Utara; Kawasan Jelambar; Kawasan Green Garden; Jl. Pangeran Tubagus Angke,

3. Jakarta Selatan: Jl. Gatot Subroto,

4. Jakarta Utara: Jl. Bhakti VI.

Editor : Rizal Bomantama