Demo Pengemudi Transportasi Online, Lalu Lintas di Kawasan Balai Kota Macet

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 19 Agustus 2019 - 14:33 WIB
Demo Pengemudi Transportasi Online, Lalu Lintas di Kawasan Balai Kota Macet

Kemacetan terjadi di sekitar Balai Kota DKI saat ratusan pengemudi transportasi online berdemonstrasi memprotes aturan ganjil genap, Jakarta, Senin (19/8/2019). (Foto: iNews.id/ Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Pengemudi transportasi online memarkirkan kendaraannya di sisi Lapangan Monas, Jakarta Pusat saat berdemonstrasi di depan Balai Kota Jakarta, Senin (19/8/2019). Mobil milik pengemudi transportasi online juga diparkir di sisi jalan sekitar Gedung Balai Kota hingga Gedung Badan Ekonomi Kreatif.

Pantauan di lokasi, kamcetan panjang terjadi di sekitar lokasi karena dari empat lajur hanya satu yang berfungsi. Pada pengemudi transportasi online itu memprotes kebijakan perluasan aturan ganjil genap di 26 ruas jalan.

Dalam aksinya, mereka membawa mobil komando lengkap dengan pengeras suara. Mereka berharap ada pengecualian terhadap transportasi online atas aturan ganjil genap.

"Tolong pak kaji kembali ganjil-genap, kami berangkat pagi, pulang pagi demi keluarga," teriak salah satu pengemudi transportasi onlien dari atas mobil komando di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).

Mereka meminta kepada Pemrov DKI segera mengeluarkan kebijakan alternatif berupa penanda khusus dalam bentuk stiker yang dilekatkan pada kendaraan taksi online agar mereka bisa tidak terkena aturan perluasan ganjil genap. Stiker tersebut diberikan kepada taksi online yang memenuhi persyaratan saja untuk mengantisipasi penyalahgunaan oknum yang tidak bertangung jawab.

"Kami mengusulkan kepada Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta sebagai Penanda Taksi Online adalah sticker yang dikeluarkan oleh Kepolisian kepada taksi online yang telah memenuhi persyaratan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118/2018 (PM.118)," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi