E-Tilang untuk Motor di Jalan MH Thamrin-Sudirman Berlaku 24 Jam

Helmi Syarif, Sindonews ยท Sabtu, 18 Januari 2020 - 16:30 WIB
E-Tilang untuk Motor di Jalan MH Thamrin-Sudirman Berlaku 24 Jam

Kamera pemantau lalu lintas di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Polda Metro Jaya mengatakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk pengemudi sepeda motor di Jalan MH Thamrin, Sudirman, Jakarta bekerja 24 jam. Peraturan itu akan berlaku mulai 1 Februari 2020.

Ditlantas Polda Metro Jaya sudah meningkatkan kinerja kamera jalan untuk merekam pelanggar lalu lintas di Jalan MH Thamrin-Sudirman. Kamera jalan ETLE sebenarnya sudah dipasang di kawasan tersebut tapi hanya bisa menindak mobil.

"Kamera canggih sudah terpasang di 10 titik. Petugas juga bekerja shift selama 24 jam. Sehingga penindakan tilang elektronik atau E-Tilang berlaku selama 24 jam," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Sabtu (18/1/2020).

BACA JUGA: Akhir Januari 2020, Pengemudi Motor di Jalan Sudirman-MH Thamrin Bisa Kena E-Tilang

Yusri Yunus menjelaskan pelanggaran yang akan ditindak yaitu melawan arus, tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari dua, dan lain-lain. "Dulu memang hanya untuk mobil, tapi sekarang kamera siap digunakan untuk menindak pengendara sepeda motor," katanya.

Dia berharap kebijakan ini dapat meningkatkan kedisiplinan pengendara motor di jalan. Karena menurut data yang dimiliki, hampir 70 persen pelanggaran lalu lintas di Jakarta dilakukan oleh pengemudi motor.

BACA JUGA: Penerapan E-Tilang, Polda Metro Jaya Akan Tindak Kendaraan Pelat Non-B

Rekaman pelanggaran nantinya akan masuk dalam server di Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya. Sistem akan mengirim bukti pelanggaran ke nomor ponsel dan alamat sesuai registrasi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Petugas kemudian akan mengirimkan bukti pelanggaran serta jumlah denda sebagai bentuk penindakan kepada pelanggar. Mereka kemudian diminta membayar denda yang sudah ditetapkan.

Editor : Rizal Bomantama