E-Tilang untuk Sepeda Motor Akan Berlaku Februari

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 22 Januari 2020 - 10:37 WIB
E-Tilang untuk Sepeda Motor Akan Berlaku Februari

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar memberikan keterangan kepada media di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019). (Foto: iNews.id/Irfan Ma`ruf).

JAKARTA, iNews.id - Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan segera diberlakukan untuk sepeda motor. Tilang tersebut akan resmi berlaku pada 1 Februari 2020.

Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, mekanisme penindakan terhadap kendaraan roda dua tidak berbeda dengan roda empat atau lebih.

"Betul (ETLE motor berlaku 1 Februari 2020). Mekanisme enggak berubah cuma masalah fitur tambahan sepeda motornya saja," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (22/1/2020).

BACA JUGA: 2020, Sepeda Motor Akan Dikenakan Tilang Elektronik

Fahri mengatakan, jenis pelanggaran yang akan dikenakan kepada pengendara sepeda motor yakni melanggar rambu lalu lintas, marka jalan dan tidak menggunakan helm saat berkendara.

Pelanggaran akan dideteksi berdasarkan nomor polisi kendaraan. Kemudian konfirmasi tilang akan dikirim ke alamat sesuai data dari surat-surat kendaran.

Pada 1 Februari 2020 Polda Metro Jaya baru akan melakukan sosialisasi kepada pengendara hingga tujuh hari. Setelah itu, penindakan hukum bagi pelanggar mulai diberlakukan.

"Nanti pada saat Februari ini kan kita sosialisasikan seminggu lah baru penindakan," ujar Fahri.

Tilang elektronik diberlakukan untuk kendaraan dengan nomor polisi asal Jakarta atau plat B. Sedangkan plat selain itu belum diberlakukan.

Dalam fase pertama, Fahri menambahkan, Polda Metro Jaya hanya memberlakukan tileng elektronik motor di tiga ruas jalan. Yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin dan Koridor 6 Transjakarta atau sepanjang Mampang hingga Ragunan.

Editor : Djibril Muhammad