Fraksi Demokrat Tunggu Arahan SBY Soal Cawagub Jakarta

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 20 Februari 2020 - 11:42 WIB
Fraksi Demokrat Tunggu Arahan SBY Soal Cawagub Jakarta

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. (Foto: SINDOphoto)

JAKARTA, iNews.id - Fraksi Partai Demokrat DPRD Jakarta belum menentukan sikap dalam pemilihan wakil gubernur Jakarta. Mereka menunggu arahan dari Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Penasihat Fraksi Partai Demokrat, Misan Samsuri mengatakan partainya hingga kini belum menentukan sikap di antara dua pilihan cawagub yaitu Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis. Menurutnya arah dukungan akan diputuskan melalui musyawarah Majelis Tinggi partai di tingkat Dewan Pengurus Pusat (DPP).

"Keputusannya di DPP, kan ada Majelis Tinggi. Nanti dimusyawarahkan di sana," ujarnya di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2020).

Misan mengatakan arah dukungan dalam pemilihan cawagub Jakarta merupakan kewenangan dari DPP. Sehingga Fraksi Demokrat di DPRD menunggu musyawarah Majelis Tinggi digelar untuk mendengarkan masukan dari DPP dan terutama arahan dari SBY.

"Karena ini keputusan politik, DPP akan menentukan pilihannya ke mana," ujarnya.

Sebelumnya, DPRD Jakarta telah mengesahkan tata tertib (tatib) pemilihan wagub Jakarta melalui rapat paripurna Rabu (19/2/2020). Tata tertib yang berisi 30 pasal itu mengatur mekanisme pemilihan lewat voting tertutup serta adanya fit and proper test terhadap dua kandidat.

Editor : Rizal Bomantama