INAYES Goes to School Kolaborasi INAYES & Pemprov DKI Jakarta Lawan Kecanduan Sosial Media dan Game Online
JAKARTA, iNews.id - Besarnya pengguna internet Indonesia menjadi sorotan dunia, betapa tidak sebanyak 210 juta pengguna internet dalam negeri didominasi mereka yang rutin menggunakan media sosial dan bermain game online. Meskipun rentang usia mayoritas pengguna internet ada di kisaran 18-35 tahun, namun tak bisa dipungkiri saat ini anak berusia 5 tahun sudah terpapar dengan berbagai konten baik melalui layanan video streaming, media sosial, dan game online.
Masifnya jumlah pengguna media sosial dan gamer online menjadi perhatian. Ketua umum INAYES INAYES (Indonesia Youth Economic and Society), Organisasi kepemudaan yang mewadahi minat dan bakat generasi muda. Aldi Dwi Prastianto memaparkan, adanya bonus demografi harus dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia dengan generasi muda yang terampil. Untuk itu, pihaknya sebagai wadah generasi muda juga terus mendukung peningkatan kompetensi pemuda menuju target Indonesia masuk ke 10 negara ekonomi terbesar dunia pada tahun 2035.
Hal ini disampaikan Aldi dalam sambutannya di INAYES Goes to School yang membahas etika bersosial media dan adiksi game online di SMAN 66 Jakarta. Sambutan itu pun diapresiasi oleh Kepala SMAN 66 Jakarta Drs. Denny Boy yang menegaskan pandemi membuat game online sudah merasuki para siswa dan para siswa lain memiliki kewajiban moral untuk menyampaikan kembali materi bermanfaat dalam acara INAYES Goes to School ini.
Acara ini dibuka oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Ariza ini mengatakan bahwa generasi saat ini adalah generasi yang tumbuh dan berkembang di era kecanggihan teknologi, sehingga zillenial harus berhati-hati dalam menggunakan media sosial.
"Jarimu harimaumu," kata Wagub DKI. Generasi muda harus berhati-hati dengan adanya konten negatif yang berisikan ujaran kebencian hingga pornografi, jangan sampai terkena UU ITE. Ia juga menekankan bahwa bermain game online selama lebih dari 14 jam dalam sepekan atau 2 jam nonstop dalam satu hari, sudah bisa dikategorikan kecanduan.
Perasaan gelisah terus menerus adalah salah satu ciri dari kecanduan ini. Oleh karena itu penting para siswa untuk memiliki integritas yang baik dan berhati-hati saat bermain game online sebagai sarana hiburan dan mengisi waktu luang.
Besarnya pengguna internet di Indonesia bisa membawa dampak positif maupun negatif. Lihat saja Justin Bieber yang memulai karier sebagai penyanyi melalui kanal Youtube hingga menjadi seperti sekarang, atau Farel Prayoga musisi cilik jalanan yang baru-baru ini viral hingga diundang ke Istana Kepresidenan pada saat acara Kemerdekaan RI ke-77.
Dua contoh selebritis viral tersebut dikemukakan oleh Dewan Pakar INAYES yang juga merupakan pengarah tim akselerasi dan monitoring KEK Kemenparekraf dan Komisioner KPU RI Yuliandre Darwis yang menjadi salah satu pengisi acara INAYES Goes to School.
“Sosial media bisa membuat seseorang yang bukan siapa-siapa menjadi sesuatu” ungkapnya.
Maka dari itu penggunaan teknologi harus dilakukan secara optimal. Seperti dua sisi mata uang, Yuliandre mengatakan digitalisasi membuat investasi digital di Tanah Air meningkat, namun di sisi lain juga membawa dampak negatif seperti maraknya judi online. Yuliandre mengajak anak muda untuk terus berinovasi dan kreatif, serta menggunakan teknologi untuk hal yang bermanfaat.
INAYES Goes to School di SMAN 66 Jakarta ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana, Denny Boy selaku Kepala Sekolah SMA N 66 Jakarta, Perwakilan Walikota Jakarta Selatan, dan segenap pengurus DPP INAYES. Ke depannya INAYES sebagai wadah minat dan bakat generasi berharap bisa terus ikut serta dalam meningkatkan mutu pendidikan yang merata di seluruh Indonesia untuk menjawab berbagai tantangan global, serta membangun jiwa kepemimpinan di anak muda.
Editor: Puti Aini Yasmin