Ini Imbauan Anies ke Masyarakat soal Perluasan Kebijakan Ganjil-Genap

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 08 Agustus 2019 - 21:55 WIB
Ini Imbauan Anies ke Masyarakat soal Perluasan Kebijakan Ganjil-Genap

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi memperluas kebijakan ganjil-genap (gage) di Ibu Kota. Dari sembilan ruas yang sudah diberlakukan kebijakan itu sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menambah 16 koridor lagi sebagai perluasan, sehingga kini total ada 25 ruas jalan yang terkena penerapan gage.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun mengimbau agar masyarakat Ibu Kota untuk mengikuti aturan tersebut dengan berpindah ke transportasi umum. Tak hanya itu, dia juga meminta warga untuk bersiap membeli kendaraan listrik.

“Sekarang saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar gunakan kendaraan umum dan juga bersiap-siap untuk menggunakan kendaraan berbasis listrik, karena gage tidak berlaku bila Anda menggunakan kendaraan berbasis listrik,” kata Anies di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Kendaraan atau mobil listrik, kata Anies, sudah mendapat payung hukum lantaran perpres (peraturan presiden) tentang penggunaan moda itu sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan begitu, dia berharap pada dunia perbankan menyiapkan mekanisme pembiayaan agar masyarakat bisa membeli kendaraan berbasis listrik dengan harga terjangkau.

“Itu yang saya katakan tadi, ekosistemnya disiapkan. Kalau bikin regulasi yang lengkap, seperti kemarin saya munculkan ingub, itu lengkap semuanya. Nah, ini terkait dengan (kendaraan) listrik juga seperti itu. Nanti kalau sudah lengkap, saya umumkan,” tuturnya.

Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta mengungkapkan perbedaan penerapan perluasan sistem ganjil-genap sekarang dengan yang diberlakukan pada saat perhelatan Asian Games 2018 lalu.

Sekarang, waktu pelaksanaan ganjil-genap dimulai pada pukul 06.00 sampai 10.00 WIB. Selanjutnya, pada sore hari, diterapkan sejak pukul 16.00 sampai 21.00 WIB. Sementara, pada saat Asian Games 2018, penerapan gage berlaku mulai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB tanpa terputus.

"Jakarta adalah Ibu Kota negara yang merupakan pusat kegiatan pemerintahan, sehingga Dishub memutuskan untuk menerapkan dua periode waktu pagi dan sore, tidak sepanjang waktu (seperti pada waktu Asian Games). Pada siang hari, kami juga pahami banyak kendaraan yang berlalu-lalang di Jakarta,” ucap Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo.


Editor : Ahmad Islamy Jamil