Jajal LRT Jabodebek, Menristek: Sangat Mulus, Hampir Tak Ada Kebisingan

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 28 November 2019 - 12:30 WIB
Jajal LRT Jabodebek, Menristek: Sangat Mulus, Hampir Tak Ada Kebisingan

Menteri Riset dan Teknologi Bambang PS Brodjonegoro menjajal moda transportasi massal LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (28/11/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menjajal perjalanan menggunakan kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek). Bambang memuji moda transportasi massal berbasis rel tersebut.

Bambang tiba pukul 9.40 WIB di Stasiun Harjamukti, Cibubur. Mantan menteri PPN/Kepala Bappenas itu lantas naik ke gerbong dan menikmati perjalanan selama setengah jam menuju Stasiun Ciracas dan kembali lagi menuju Stasiun Harjamukti.

Bambang mengaku sangat puas dengan kereta produksi PT INKA (Persero) ini. Bukan hanya melaju mulus, namun juga nyaris tidak ada suara bising di dalam kereta tersebut.

"Artinya, kualitas gerbong, kualitas perjalanan, operasionalnya juga sangat mulus, hampir tidak ada kebisingan, tidak ada noise dan juga sangat mulus, lancar," kata Menristek di Stasiun LRT Harjamukti, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Dia menuturkan, pengoperasian gerbong LRT produksi INKA dibantu dengan proses pengujian oleh baik Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) maupun Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dengan demikian, karya anak bangsa layak disandingkan dengan produk-produk impor yang tak beda jauh kualitasnya.

"Jadi artinya ini menunjukkan bahwa kemampuan putra-putri bangsa Indonesia di PT INKA dengan dibantu oleh berbagai lembaga BPPT, LIPI maupun beberapa perguruan tinggi, sudah sampai kepada teknologi kereta api yang diyakini ke depan akan sangat dibutuhkan di Indonesia," kata dia.

LRT Jabodebek menjadi salah satu upaya untuk mengatasi persoalan transportasi Ibu Kota Jakarta dan daerah-daerah penyangga. Dengan pengoperasian kereta ini diharapkan semakin banyak warga yang beralih ke moda transportasi massal.

Pembangunan LRT Jabodebek per 1 November 2019 mencapai 67,3 persen. Untuk Cawang-Cibubur 86,2 persen, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 58,3 persen dan Cawang-Bekasi Timur 60,5 persen.

Adapun LRT Jakarta Fase I dari Stasiun Pegangsaan Dua-Velodrome, Jakarta Timur tinggal hitungan hari akan beroperasi komersial. Pada 1 Desember 2019, LRT rute ini akan menerapkan tarif flat Rp5.000.

Editor : Zen Teguh