Kembali Berulah, Status Bebas Bersyarat John Kei Akan Dicabut

Irfan Ma'ruf ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 10:50 WIB
Kembali Berulah, Status Bebas Bersyarat John Kei Akan Dicabut

John Kei (Foto: iNews/Irfan Ma`ruf)

JAKARTA, iNews.id - John Kei ditangkap Polda Metro Jaya usai anak buahnya melakukan penyerangan ke rumah Nus Kei. Status John Kei saat ini masih dalam pembebasan bersyarat.

Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bogor mengeluarkan surat keputusan (SK) nomor W10.PAS.6-PK.01.05.02-2381 untuk mencabut sementara pembebasan bersyarat tersebut. John Kei dinilai telah melanggar aturan.

"Bahwa John Kei telah melakukan pelangaran ketentuan saat menjalankan masa Pembebasan Bersyarat nya dengan telah ditetapkannya sebagai tersangka," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkum HAM, Rika A, Sabtu (27/6/2020).

Rika mengatakan permohohonan pencabutan pembebasan bersyarat sudah diterima Kemenkum HAM. Nantinya proses akan menunggu keputusan dari Direktorat Jenderal Permasyarakatan.

"Saat ini menunggu proses pencabutan Pembebasan Bersyarat dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan," kata Rika.

Sebelumnya, John Kei dan 36 anak buahnya ditangkap Polda Metro Jaya di tempat dan waktu berbeda. Penangkapan John Kei beserta gerombolannya merupakan tindak lanjut penyelidikan atas kasus pembunuhan Yustus Corwing Rahakbau di pertigaan ABC Duri Kosambi, Tangerang, Banten, Minggu (2/6/2020).

Pada hari sama, anak buah John Kei juga mendatangi rumah Nus Kei di Klaster Australia Green Lake City, Cipondohh, Tangerang. Mereka hendak membunuh Nus.

Namun karena pemilik rumah tidak ada, mereka pun menghancurkan kaca dan pintu rumah serta merusak dua mobil Nus. Saat keluar perumahan, mereka menabrak satpam dan mengumbar tembakan yang mengenai driver ojek online.

Dalam penggerebekan di Bekasi, ditangkap 25 orang, termasuk John Kei. Setelah itu ditangkap lima orang lain di Kelapa Gading dan Pondok Gede. Setelah itu beberapa anak buahnya juga ditangkap lagi dan ada yang menyerahkan diri.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq