Mulai Senin (27/7) Layanan Bus Gratis dari Stasiun Bogor Dikurangi

Okezone, Putra Ramadhani Astyawan ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 23:17:00 WIB
Mulai Senin (27/7) Layanan Bus Gratis dari Stasiun Bogor Dikurangi
Bus Transjakarta dikerahkan untuk mengatasi lonjakan penumpang KRL di sejumlah stasiun setiap awal pekan (foto: ist)

BOGOR, iNews.id - Armada bus gratis untuk mengatisipasi lonjakan penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Bogor dikurangi mulai hari Senin (27/7/2020) besok. Apa alasannya?

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Eko Prabowo, mengatakan mulai besok tersedia 50 bus bantuan untuk mengangkut warga yang tidak mau menghabiskan waktu antre naik KRL di Stasiun Bogor.

Jumlah tersebut lebih sedikit dari awal pekan sebelumnya yakni 77 bus disiapkan oleh Dishub Kota Bogor dan DKI Jakarta. Eko menjelaskan pengurangan jumlah bus bantuan karena banyak unit yang tak terpakai oleh penumpang KRL di Stasiun Bogor.

"Besok bus gratis masih adam jumlahnya dikurangi jadi 50 unit bus," kata Eko, Minggu (26/7/2020).

Eko menilai kebijakan Stasiun Bogor hanya melayani perjalanan dengan Kartu Multi Trip (KMT) turut berdampak pada waktu antrian jadi lebih cepat dari sebelumnya.

"Kereta dua minggu kebelakang terkendali dan landai penumpangnya. Juga sistem baru yang diterapkan dengan KMT. Kemungkinan besar itu," jelasnya.

Adapaun untuk skema pemberangkatan, lanjut Eko, belum berubah. Sebanyak 40 bus akan diberangkatkan dari Stasiun Bogor dan sisanya dari Pool Damri Botani Square.

"Dari Stasiun Bogor untuk tujuan Tanah Abang, Manggarai, Sudirman, Juanda dan Tebet. Kalau dari Pool Damri hanya tujuan Sudirman dan Juanda. Bus akan diberangkatkan mulai pukul 05.00 WIB," ujarnya.

Editor : Arif Budiwinarto