Pemkot Depok: Kegiatan Agama di Tempat Umum Diizinkan Mulai 4 Juni

Arif Budiwinarto · Rabu, 03 Juni 2020 - 07:05:00 WIB
Pemkot Depok: Kegiatan Agama di Tempat Umum Diizinkan Mulai 4 Juni
Kegiatan keagamaan di rumah ibadah dibolehkan jika masuk dalam kategori zona hijau Covid-19 (foto: Antara)

DEPOK, iNews.id - Pemerintah Kota Depok akan mengizinkan kegiatan agama di tempat umum saat pemberlakukan PSBB proporsional mulai pekan ini. Akan tetapi, pemberlakuannya hanya di wilayah dengan kategori tertentu.

Depok melalui Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 46 Tahun 2020 akan menerapkan PSBB secara proporsional untuk memutus penyebaran rantai Covid-19 mulai Kamis (4/6/2020) besok.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris Abdul Somad, mengatakan PSBB Proporsional dinilai perlu diterapkan sebelum Depok memasuki fase new normal.

"PSBB Proporsional sendiri menurutnya, ialah persiapan pelaksanaan adaptasi new normal," kata Idris melalui siaran akun YouTube-nya, Senin (1/6/2020).

Idris menyebut pemberlakukan PSBB Proporsional memungkinkan pembukaan kembali sejumlah obyek publik, termasuk rumah ibadah. Namun, Idris menekankan kegiatan keagamaan bisa diselenggarakan di tempat umum asalkan tidak masuk ke dalam kategori zona merah pesebaran Covid-19.

Lebih lanjut, Idris kembali mengingatkan agar nantinya aktivitas masyarakat mengedepankan aspek kesehatan dengan menjalankan protokol kesehatan dari pemerintah provinsi dan pemerintah kota.

"Mudah-mudahan sesuai harapan kita, PSBB akan kita bisa selesaikan sampai tanggal 4 Juni 2020. Setelah itu kita akan melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan norma-norma kesehatan dan ketentuan yang sudah dibuat oleh Kementerian Kesehatan dan juga dari pemerintah provinsi dan dari pemerintah kota."

"Insyaallah akan kita sosialisasi 1 atau 2 hari ke depan namun tidak semua wilayah di Depok. Hanya pada RW-RW, kelurahan tertentu yang tidak masuk zona merah," ucapnya.

Editor : Arif Budiwinarto