Pemprov DKI Masih Kaji Jenis Perlombaan yang Boleh saat Perayaan HUT ke-75 RI

Antara ยท Sabtu, 08 Agustus 2020 - 15:48:00 WIB
Pemprov DKI Masih Kaji Jenis Perlombaan yang Boleh saat Perayaan HUT ke-75 RI
Ilustrasi Pemprov DKI Jakarta

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih mengkaji jenis perlombaan yang boleh dilakukan saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Senin, 17 Agustus 2020. Pengkajian itu dinilai penting untuk menghindari kerumunan warga sebagai upaya mencegah penyebaran pandemi virus corona (Covid-19).

"Tentu kita akan kaji jenis lomba apa saja yang boleh dilakukan, mungkin nanti sebelum pelaksanaan 17-an, ada kebijakan yang kami keluarkan," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin, di Jakarta, Sabtu (8/8/2020).

Jika nantinya ada kebijakan meniadakan lomba-lomba yang biasa dilakukan di masyarakat, menutu dia, hal itu semata-mata dalam rangka memberikan perlindungan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Arifin memastikan akan melihat kembali jenis kegiatan nantinya yang akan dilarang.

"Kalau dilihat dari aspek kesehatan, dia tidak membahayakan, tidak akan menyebabkan penularan ya boleh-boleh saja. Jadi bisa boleh, bisa tidak, tergantung jenis kegiatannya," ujarnya.

DKI Jakarta akan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di berbagai wilayah sebagai pengganti upacara kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2020 mendatang dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengatakan pada waktu tersebut, Pemprov DKI Jakarta mewajibkan seluruh warga Jakarta agar berdiri tegap dan menghentikan aktivitas sejenak pada 17 Agustus 2020, pukul 10.17 sampai pukul 10.20 WIB, saat pengumandangan lagu Indonesia Raya yang akan dilaksanakan secara serentak di berbagai lokasi.

"HUT RI tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena berlangsung di tengah pandemi. Kami arahkan semua warga agar berdiri tegap selama tiga menit pada pukul 10.17 sampai dengan 10.20 WIB dan menghentikan aktivitasnya sejenak pada saat pengumandangan lagu Indonesia Raya," ujar Saefullah dalam keterangan di Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Saefullah menyampaikan, hal tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B- 492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 perihal Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020.

Editor : Djibril Muhammad