Penyidikan Kasus Kebakaran, Bareskrim Periksa Sidik Jari di Lift Gedung Kejagung

Okezone, muhammad rizky ยท Senin, 05 Oktober 2020 - 19:59:00 WIB
Penyidikan Kasus Kebakaran, Bareskrim Periksa Sidik Jari di Lift Gedung Kejagung
Gedung Kejagung di Kebayoran Baru, Jaksel nampak hangus usai kebakaran hebat pada Minggu (23/8/2020). (Foto: Okezone/Muhammad Rizky)

JAKARTA, iNews.id - Bareskrim Polri menyampaikan perkembangan penyelidikan dugaan pidana pada kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Penyidik memeriksa sidik jari yang ditemukan di lift.

Hal tersebut disampaikan Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta, Senin (5/10/2020). Pemeriksaan turut melibatkan perusahaan yang membuat lift tersebut.

"Pengambilan DNA dan sidik jari dilakukan pada tombol lift Gedung Kejagung bersama perusahaan yang membuatnya," kata Awi.

Selain itu Bareskrim juga memeriksa lima ahli terkait kasus ini. Lima ahli yang dihadirkan berasal dari bidang yang berbeda-beda.

"Pemeriksaan terhadap lima orang ahli, dokter gigi RS AL, ahli kebakaran, ahli Kemenkes, ahli DNA, dan ahli digital forensik dari Puslabfor Mabes Polri," ujar Awi.

Sebagaimana diketahui, penyidik telah melakukan gelar perkara kasus kebakaran Gedung Kejaksaan Agung pada 1 Oktober 2020 lalu. Berdasarkan hasil gelar perkara, penyidik gabungan Polri belum menetapkan tersangka dalam kasus tersebut.

"Belum (ada tersangka), pasti nanti akan mengerucut. Saya belum bisa sampaikan sebelum ada keterangan penyidik," ucap Awi saat itu.

Pelaksanaan gelar perkara itu bertujuan untuk menyinkronkan berkas perkara antara penyidik Polri dan Jaksa Peneliti. Upaya itu diharapkan mempercepat proses penyidikan.

"Biar nanti kalau sudah tahap satu bisa berjalan dengan lancar. Jangan sampai berkas sampai bolak-balik. Jadi istilahnya sinkronisasi," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama