Polisi Tangkap Pelaku Pemerkosa Wanita di Rumahnya dengan Modus Menagih Utang

Yohannes Tobing · Kamis, 02 Juni 2022 - 14:56:00 WIB
Polisi Tangkap Pelaku Pemerkosa Wanita di Rumahnya dengan Modus Menagih Utang
Ilustrasi pemerkosaan (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara menangkap pelaku pemerkosaan terhadap seorang gadis di rumahnya sendiri di wilayah Pademangan Barat, Pademangan Jakarta Utara pada 11 Mei 2022. Modusnya, pelaku datang untuk menagih utang.

Wakapolres Jakarta Utara, AKBP Erlin Tang Jaya mengatakan pihaknya menangkap tiga pelaku yang telah terbukti melakukan aksi bejat tersebut secara bergiliran terhadap korban SV (21).

"Ada tiga tersangka yang saat ini sudah kita amankan, yang mana tersangka tersebut masing-masing bernama AS (25), ABY (23), WDP (19)," ucap Erlin saat di Mapolres Jakarta Utara, pada Kamis (2/5/2022). 

Erlin menjelaskan, kasus pemerkosaan ini bermula saat pelaku hendak menagih utang kepada saudara korban SV yang memiliki utang kepada tiga pelaku. Namun, karena yang dicari tidak ada, pelaku langsung melakukan perbuatan keji tersebut.

"Jadi bermodus menagih utang, datangi korban bahwa saudara korban berutang kepada ketiga tersangka. Saat menagih utang tersebut (pelaku) langsung mengatakan kepada korban 'kalau tidak sanggup membayar gua tidurin lo saja'," kata Erlin. 

Usai memberikan ancaman tersebut, kata Erlin, korban sempat melakukan perlawanan saat akan diperkosa. Pelaku akhirnya langsung memukul  korban dan mengikat dengan tali rafia.

"Pelaku langsung mengikat korban karena melakukan perlawanan, kemudian diikatkan tangan dengan tali rafia, kedua pelaku memukuli korban. Kemudian mereka melakukan pemerkosaan secara bergiliran,"  tuturnya. 

Usai mendapat perbuatan keji tersebut, korban kemudian melaporkan hal ini ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Metro Jakarta Utara selang beberapa hari aksi pemerkosaan terjadi. 

"Kurang lebih seminggu, pelaku pertama kita tangkap bersama-sama dengan Direktorat Krimum Polda Metro Jaya. Kemudian yang keduanya dapat lagi dari dua lokasi berbeda," ujar dia.  

Adapun dari kasus ini, ketiga pelaku diancam Pasal 285 KUHPidana dan 365 JO, 363 KUHPidana. "Hukumannya 12 tahun berkaitan masalah pemerkosaannya kemudian 9 tahun dan 7 tahun berkaitan dengan masalah pencurian dan pemberatannya," tutup dia. 

Sebagai informasi, seorang wanita muda berinisial SV (21) mengaku di perkosa secara oleh tiga orang pria yang tidak dikenalnya di rumahnya sendiri di wilayah Pademangan Barat, Jakarta Utara.

Ketua RT setempat, Sujito (32) mengatakan dirinya menerima laporan dari keluarga korban bahwa SV diperkosa saat kondisi sepi atau tinggal sendirian dan rumahnya dibobol oleh tiga orang.

"Kejadiannya itu sekitar tanggal 11 atau 12 Mei. Saya sih dapat laporannya dari pihak keluarganya kalau anaknya itu (SV) diperkosa, terus rumahnya dibobol," kata Sujito saat ditemui di lokasi, Senin (23/5/2022).

Menurut Sujito berdasarkan keterangan SV bahwa saat itu dirinya sedang sendirian di rumah. Kemudian sekitar pukul 23.00 WIB ada tiga pria masuk ke dalam rumah dan naik ke lantai 2. Saat itulah korban dianiaya dan diperkosa.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda