SMAN 3 Tangsel Cabut Laporan, Lurah Saidun Bebas

Hasan Kurniawan ยท Sabtu, 29 Agustus 2020 - 03:00:00 WIB
SMAN 3 Tangsel Cabut Laporan, Lurah Saidun Bebas
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

TANGERANG SELATAN, iNews.id - Lurah Benda Baru Saidun, akhirnya lolos dari jeratan hukum. Padahal, beberapa hari sebelumnya Saidun baru ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi.

Kapolres Tangsel AKBP Iman Setiawan mengatakan, sudah dari seminggu yang lalu pihak kepolisian menerima pencabutan berkas tersebut. Pencabutan, dilakukan karena kedua belah pihak sudah berdamai. 

"Kami sudah menerima pencabutan, karena perdamaian dari kedua belah pihak. Karena kan memang proses hukum itu untuk mencapai rasa keadilan," kata Iman  di Mapolres Tangsel, Jumat (28/8/2020).

Dengan adanya perdamaian tersebut, kata dia, maka proses penyelidikan dan penyidikan yang telah dilakukan sejak lebih dari sebulan lalu, kini dihentikan. Menurut Iman, hal ini sesuai dengan rasa keadilan semua pihak.

"Bila ada perdamaian, keadilan kedua belah pihak tercapai. Kita pikir bisa kita hentikan penyidikannya. Sebab kasus-kasus seperti ini selalu terbuka restorative justice," katanya.

Dilanjutkan Iman, lamanya proses penyidikan yang berlangsung cukup lama ini, bukan karena menunggu tercapainya perdamaian di antara keduanya. Buktinya, proses penyidikan tetap berjalan, Saidun ditetapkan tersangka.

"Tidak ada. Kan memang proses penyelidikan berjalan, pemeriksaan saksi dan naik tersangka. Kasus-kasus seperti ini kita selalu terbuka. Semingu yang lalu kita menerima pencabutan berkas perdamaian," katanya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Saidun dilaporkan polisi oleh SMAN 3 Tangsel karena mengamuk dan menendang meja. Aksi Saidun terjadi karena enam siswa titipannya tidak diterima masuk di SMAN 3 Tangsel.

Saidun lalu dijerat dengan pasal perusakan dan perbuatan tidak menyenangkan. Setelah proses hukum dikepolisian selesai, Saidun masih harus menjalani proses etikanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq