Soal Gugatan Class Action Banjir, Pemprov Jakarta Klaim Sudah Bekerja Maksimal

Wildan Catra Mulia ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 13:30 WIB
Soal Gugatan Class Action Banjir, Pemprov Jakarta Klaim Sudah Bekerja Maksimal

Sekda Pemprov Jakarta, Saefullah. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta membela diri soal gugatan class action yang diajukan tim advokasi banjir Jakarta 2020. Sekretaris Daerah (Sekda) Jakarta, Saefullah mengatakan pemprov sudah bekerja maksimal dan siap menghadapi potensi banjir di awal tahun 2020.

Saefullah mengatakan pemprov sudah menyiagakan petugas dan alat penanganan banjir sejak malam tahun baru 2020. Dia mengatakan limpahan air yang terlalu banyak membuat sejumlah wilayah di Jakarta tetap terendam banjir.

"Kalau dari sisi pemerintah, kami sudah bagi-bagi tugas. Sejak subuh kami sudah bekerja secara sistemik. Seluruh organ-oragan pemerintah Jakarta diserahkan. Mudah sekali menggerakkannya karena mereka sudah tahu tugas dan fungsinya, harus berada di mana dan bagaimana serta melakukan apa," katanya di Balai Kota Jakarta, Selasa (14/1/2020).

BACA JUGA: Gugatan Class Action Banjir Jakarta Resmi Didaftarkan, Tuntut Ganti Rugi Rp42,3 Miliar

Dia mengklaim banjir yang melanda Jakarta 1 Januari 2020 lalu tidak separah banjir-banjir sebelumnya. Saefullah menyebut ada beberapa jalan yang biasanya banjir justru kering saat kejadian. Menurutnya kinerja petugas tata air sudah bagus.

"Genangan di sepanjang jalan yg biasa terjadi, sebetulnya hari itu tidak ada. Biasanya ada di Balai Kartini dan dinas pendidikan itu tidak ada. Di sana biasa hujan ringan selama satu jam saja sudah tergenang. Hari itu tidak ada. Tapi memang ada dua sampai tiga titik yang mengganggu yaitu di Jakarta Barat, sekitar pusat Jakarta, dan di sekitar underpass Cawang," katanya.

Soal gugatan class action banjir, Saefullah menyerahkan sepenuhnya kepada Biro Hukum Pemprov Jakarta untuk menghadapinya. Sementara dia memastikan bahwa jajarannya selalu bekerja secara baik dan tepat sasaran.

"Kalau soal gugatan itu kami serahkan kepada biro hukum yang lebih ahli. Yang jelas pemprov dipimpin Pak Gubernur merespons bencana ini dalam waktu singkat dan cepat sehingga seluruh aktivitas perdagangan hingga transportasi bisa berfungsi seperti semula. Indikatornya itu," ucapnya.

BACA JUGA: Lawan Gugatan Class Action Banjir, Pemprov Jakarta Siapkan Tim Hukum dan Ahli

Sebelumnya, tim advokasi banjir Jakarta 2020 resmi mendaftarkan gugatan class action ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Gugatan terdaftar dengan Nomor 27/Pdt.GS/ClassAction/2020/PN.Jkt.Pst ditujukan kepada Pemprov Jakarta khususnya Gubernur Anies Baswedan.

"Kami hari ini mendaftarkan gugatan tentang banjir Jakarta yang terjadi 1 Januari lalu. Gugatan kami tujukan kepada Gubernur Jakarta Anies Baswedan," kata juru bicara tim advokasi banjir Jakarta 2020, Azas Tigor Nainggolan, Senin (13/1/2020).

Editor : Rizal Bomantama