Tilang Elektronik, Jalur Transjakarta Akan Dilengkapi Kamera ETLE

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 09 September 2019 - 19:46 WIB
Tilang Elektronik, Jalur Transjakarta Akan Dilengkapi Kamera ETLE

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf. (Foto: iNews.id/ Irfan Maruf).

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bersama PT Transjakarta menandatangani nota kesepahaman (MoU) penggunaan kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) di seluruh jalur bus Transjakarta, Senin (9/9/2019). MoU tersebut bagian dari upaya untuk menertibkan jalur bus Transjakarta dengan menerapkan sanksi tilang elektronik.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf mengatakan, pemasangan kamera ETLE agar sepeda motor dan mobil tidak lagi melintasi jalur bus Transjakarta.

"Jadi seluruh kendaraan apakah roda dua, roda empat dan sebagainya nanti yang masuk ke jalur busway (Transjakarta) terekam kamera ETLE atau petugas yang ada di sana pasti kita laksanakan penindakan," ujar Yusuf di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Dia tidak mengungkapkan, jalur bus Transjakarta mana saja yang akan dipasangi kamera ETLE. Saat ini pemasangan kamera ETLE masih tahap perencanaan bersama PT Transjakarta.

Meskipun dipasangan kamera ETLE tetap ada pengecualian terhadap kendaraan tertentu untuk melintasi jalur Transjakarta. Misalnya, ambulans dan mobil pemadam kebakaran.

"Emergency maksudnya seperti kebakaran, ambulans yang gawat ini. Kalau ambulans hanya bawa mayat saja sudah meninggal tidak perlu," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirut PT Transjakarta Agung Wicaksono berharap adanya kamera ETLE jalur bus Transjakarta bisa lebih tertib. Ketertiban itu diyakini untuk meningkatkan layanan pengguna bus Transjakarta.

"Ini era transportasi 4.0 adalah bagaimana teknologi digunakan dalam menata trasnsportasi terutama bagaimana jalur Transjakarta bisa steril," kata Agung.

Editor : Kurnia Illahi