3 Pegawai Kemendikbud Terjaring OTT KPK Dugaan Suap Rektor UNJ, Ini Reaksi Nadiem Makarim

Riezky Maulana ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 17:21 WIB
3 Pegawai Kemendikbud Terjaring OTT KPK Dugaan Suap Rektor UNJ, Ini Reaksi Nadiem Makarim

Tangkapan layar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

JAKARTA, iNews.id - Operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rabu, 20 Mei 2020 menangkap 7 orang, 3 di antaranya pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). OTT diduga terkait dugaan suap yang dilakukan Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Komarudin.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, mendukung penuh penengakan hukum yang dilakukan KPK. Dia memastikan integritas merupakan hal utama sehingga tidak ada toleransi terhadap setiap pelanggaran prinsip tersebut.

"Setiap pejabat di lingkungan Kemendikbud harus memegang teguh integritas dan menjalankan aktivitas sesuai peraturan dan tata kelola yang baik," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (22/05/2020).

Nadiem mengatakan, Kemendikbud akan terus meningkatkan pengawasan untuk memastikan setiap aktivitas di lingkungannya berjalan sesuai tata kelola pemerintahan yang baik. Kemendikbud terus berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk mendalami kasus tersebut.

"Kami akan terapkan sanksi terhadap pihak-pihak di bawah kementerian yang terbukti terlibat dan melakukan pelanggaran terhadap peraturan dan integritas sesuai ketentuan yang berlaku," katanya.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam mengaku prihatin atas OTT di lingkungan pendidikan tinggi. Dia berharap agar kejadian ini menjadi kali pertama dan terakhir.

"Saya selalu ingatkan para pimpinan perguruan tinggi untuk menjadikan kampus sebagai pusat pemberantasan korupsi dan gratifikasi dan selalu berpesan pada seluruh jajaran di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk menjauhi KKN. Jangan pernah berpikir untuk KKN. Berikan layanan prima tanpa pamrih," tuturnya.

Sebelumnya, KPK bersama Itjen Kemendikbud melakukan OTT di Kemendikbud, Rabu, 20 Mei 2020). Dalam OTT tersebut, KPK menangkap 7 orang, termasuk Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Rektor UNJ atas nama Komarudin, dan enma pelaku lainnya telah diperiksa. Para pelaku antara lain, Kepala Bagian Kepegawaian UNJ Dwi Achmad Noor, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Sofia Hartati dan Analis Kepegawaian Biro SDM Kemendikbud Tatik Supartiah. Kemudian, Kepala Biro SDN Kemendikbud Diah Ismayanti serta 2 pegawai SDM Kemendikbud Dinar Suliya dan Parjono.

Editor : Djibril Muhammad